Sukses

Jangan Konsumsi Berlebihan, Ini Bahayanya Gula

Mengonsumsi gula berlebihan ternyata bisa berbahaya bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal rasa gula? Ya manis rasanya, maka gula sangat digemari banyak orang. Setiap kamu pergi ke kedai kopi atau teh, “gulanya yang banyak ya, biar manis” begitu bukan?

Namun di balik rasa manisnya, gula juga menyimpan bahaya. Apa saja? Mari kita simak di bawah ini:

1. Menyebabkan Obesitas

Gula memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, gula yang masuk dalam tubuh, akan menumpuk dan menyebabkan obesitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kerusakan Pada Gigi

Gula merupakan karbohidrat. Saat karbohidrat dicerna dalam mulut, bakteri akan memproduksi. Dan air liur yang bercampur asam akan muncul plak gigi. Maka dari itu, sehabis makanan makanan manis, biasakan untuk menyikat gigi agar terhindar dari kerusakan gigi.

3 dari 3 halaman

3. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Biasanya penderita dilarang memakan yang manis-manis terutama gula.

4. Hipertensi

Jika sebelumnya kamu penderita hipertensi, maka jagalah makananmu, jangan sampai mengandung gula yang berlebihan. Karena jika kamu sudah terkena diabetes, maka akan sangat rentan tekanan darahmu naik.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.