Sukses

Benarkah Kucing Bisa Melihat Hantu? Ini Penjelasan Ahli

Kucing terkadang menunjukan ekspresi yang aneh dengan menatap suatu hal di tempat yang sama. Bisa jadi mereka melihat sesuatu hal yang menyangkut kekuatan supernatural.

Liputan6.com, Jakarta - Apa kamu suka merasa kebingungan jika kucingmu tiba-tiba diam pada satu titik tanpa bergerak atau menoleh kemanapun. Ada sejumlah pemilik kucing yang pasti merasa takut, mengira bahwa kucing mereka dapat melihat hantu.

Sebenarnya, kucing dan anjing memiliki kemampuan untuk mengetahui frekuensi lain yang tak bisa dilakukan oleh manusia.

Untuk membuktikan hal tersebut, para ahli Biologi Universitas London, Inggris melakukan penelitian dengan mengumpulkan data untuk melihat perbedaan pengelihatan pada kedua spesies tersebut.

Baik anjing maupun kucing keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk melihat sinar ultraviolet. Kemampuan mereka melihat cahaya itu jelas sangat berbeda seperti manusia.

Cahaya ultraviolet sendiri memiliki panjang gelombang cahaya yang berada di luar jangkauan spektrum manusia, biasanya hal tersebut kerap disebut VIBGYOR.

"Ketika kucing menatap ke angkasa, mereka mungkin benar-benar mendeteksi gerakan halus. Hal itu terjadi karena pengelihatan mereka jauh lebih tajam daripada kita," kata Dokter Hewan, Rachel Barrack dari Animal Acupunture, melansir The Dodo, Rabu (7/3/2018).

Manusia memiliki lensa di mata yang menghalangi sinar di luar spektrum tersebut. Sehingga kesulitan untuk melihatnya selayaknya kucing dan anjing. Meski begitu, kucing merespon sinar tersebut dengan cara yang berebda dengan anjing. Hal itu karena kucing memiliki kepribadian alami untuk merasa penasaran.

Barrack menjelaskan mungkin kepribadian alami itulah yang membuat para kucing bisa menunjukan perilaku yang tidak menentu. Apalagi kucing memiliki enam sampai delapan kali lebih banyak, batang pengindraan di bola mata mereka. Sehingga sangat memungkinkan bagi para kucing untuk melihat dalam cahaya yang sangat rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinar Ultraviolet

Meski begitu, ada beberapa hal yang memiliki sudut pandang yang keluar dari topik algoitma sains mengenai pengelihatan kucing. Karena mereka melibatkan sesuatu yang lebih paranormal dan metafisik. Misalnya saja seperti kucing yang mulai melihat ke ruangan kosong dan mulai mengoceh aneh ke udara seakan mengejar sesuatu.

Ada dugaan kuat kucing itu bisa melihat sesuatu yang mengambang di udara sekitar rumah apalagi setelah kematian seseorang. Asalkan tak ada lampu atau sinar ultraviolet, kemungkinan kucing melihat roh bisa terjadi.

Ada yang mungkin percaya maupun tidak mengenai kehadiran hantu yang dilihat oleh kucing. Meski begitu, kita sebagai pemilik mereka jangan dulu merasa takut. Malahan kamu bisa menyelidiki hal yang mereka lihat secara bersama-sama sebagai bentuk aktivitas yang menyenangkan.

Misalnya, menyinari tempat ke sudut gelap yang kerap kali mereka lihat. ataupun menekan telinga ke dinding untuk mendengar apa yang mereka dengar. Kucing memang mahluk misterius yang mengundang banyak pertanyaan dari pemiliknya sendiri. Akan tetapi, mereka punya cara tersendiri untuk mengekspresikan sesuatu dari hal yang mereka lihat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.