Sukses

Reaksi Tak Terduga Ular dalam Lingkaran Garam, Seperti Apa?

Benarkah ular akan menjauh dan menghindari garam?

Liputan6.com, Jakarta Semasa menjadi anggota Pramuka dulu, Anda pasti pernah mendengar fakta menarik ini. Taburkan garam di sekitar tenda untuk menghalau ular dan binatang melata lainnya.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa menaburkan garam merupakan salah satu cara ampuh untuk menjauhkan diri dari gangguan ular. Hingga kini, cara tersebut masih dipraktikkan oleh para pendaki yang tengah berkemah.

Tapi apakah benar jika ular takut pada garam yang kita taburkan di depan pintu rumah atau sekeliling tenda?

Sebuah video yang diunggah di YouTube menunjukkan sekumpulan anak sekolah dan pembimbing mereka mempraktikkan mitos tersebut. Tampak seorang pria menaburkan garam membentuk sebuah lingkaran di atas rerumputan. Lalu memasukkan ular tersebut ke dalam lingkaran. Apa yang terjadi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ular bukan binatang berlendir

Si ular malah langsung keluar dengan amannya dari lingkaran garam tersebut.

Netizen pun langsung berdebat dengan video yang telah ditonton 1,7 juta kali tersebut.

Faktanya, ular tidak takut sama sekali dengan garam. Sebab, pada dasarnya ular bukanlah jenis hewan yang berlendir. Tubuh ular tidak berlendir tapi bersisik, jadi garam sama sekali tidak membuatnya takut apalagi melukai tubuhnya.

Sementara garam itu hanya efektif untuk binatang berlendir seperti lintah atau siput.

Baca selanjutnya: Feed Merdeka

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini