Sukses

Indonesia Tuan Rumah Miss Earth 2012

Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah di ajang Miss Earth 2012, pada Oktober mendatang.

Citizen6, Jakarta: Berkaitan dengan semakin maraknya isu global warming yang semakin memprihatinkan, janji Indonesia sebagai paru - paru dunia dalam menurunkan emisi, dan semakin maraknya perusahaan dan instansi yang melakukan Go Green di Indonesia, maka Miss Indonesia Earth Foundation (Yayasan Putri Bumi Indonesia) memberanikan diri ikut tender guna memenangkan Indonesia sebagai tuan rumah ajang dunia bergengsi ini. Dengan tujuan tentunya mendukung
gerakan nasional penurunan emisi, Go Green, dan stop Global Warming.

Dan untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah ajang Miss Earth 2012 pada bulan Oktober mendatang. Selama tiga minggu, dari 7 Oktober -  28 oktober, 120 negara delegasi Miss Earth akan melakukan beragam kegiatan berkaitan lingkungan hidup di sejumlah provinsi di Indonesia. Dan semua kegiatan ini akan diliput oleh Media Internasional.

Miss Earth
adalah salah satu dari four beauty pageants terbesar di dunia, yakni Miss Universe, Miss Earth, Miss World, dan Miss International. Diantara keempat grandslams diatas, Miss Earth adalah satu - satunya yang berbasis Lingkungan Hidup. Dimana saat ini Lingkungan Hidup adalah isu penting dunia (Global Warming). Walaupun Miss Earth adalah yang termuda, yang didirikan di Philippina pada 2001, namun dari jumlah anggota, Miss Earth adalah kedua terbesar setelah Miss Universe.

Dalam kegiatannya Miss Earth didukung oleh sejumlah badan internasional, seperti United Nations Development Programme (UNDP), dan United Nations Environment Programme (UNEP). Kontes ini pertama kali digelar pada 2001 lalu di Filipina. Dan sejak saat itu, Miss Earth menjadi salah satu kontes kecantikan internasional dengan semboyan " Beauties for a Cause ".

Ajang Miss Earth sendiri di selenggarakan untuk mempromosikan gaya hidup peduli lingkungan dan masalah - masalah lingkungan di bumi. Miss Earth juga pernah menjadi bahan pembicaraan pada tahun 2003, karena salah satu kontestan yang berasal Afganistan, Vida Samadzai memakai busana renang di depan umum.

Di Indonesia sendiri, ternyata Miss Indonesia Earth sudah digelar sejak 2007 lewat Yayasan Putri Bumi Indonesia. Di ajang Miss Earth kali ini, dari puluhan peserta yang berkompetisi, mereka akan memperebutkan 5 mahkota Miss Indonesia Earth, yaitu Miss Indonesia Earth (Putri Bumi Indonesia), Miss Indonesia Earth - Air (Putri Udara Indonesia), Miss Indonesia Earth - Water (Putri Air Indonesia), Miss Indonesia Earth - Fire (Putri Api Indonesia), dan Miss Indonesia Earth - Eco - Tourism (Putri Pariwisata Alam Indonesia).

Tahun ini Indonesia telah memilih Chelsy sebagai Miss Indonesia Earth 2012, yang nantinya diharapkan mampu mewakili Indonesia diajang internasional yang akan digelar di Bali pada bulan Oktober mendatang.

Didampingi oleh Kastria S.E Hutagaol (Miss Indonesia Earth - Air), Nadya Ayu Amanta (Miss Indonesia Earth - Water), Chintia Ratu (Miss Indonesia Earth Eco Tourism), dan Sonya Puspita Putri (Miss Indonesia Earth Fire), Chelsy ( Miss Indonesia Earth 2012) juga melakukan kunjungan ke pabrik kosmetik PT Immortal Cosmedika Indonesia di Cimangis, Depok, Kamis (19/7). Lewat kunjungan ini rombongan tidak hanya diajak melihat secara lebih dekat proses pembuatan kosmetik yang baik, benar dan aman, tapi juga peserta dapat menyaksikan secara langsung demo kecantikan. Demo kecantikan yang juga disaksikan para karyawan ditambah suasana lingkungan pabrik yang ditata asri  menambah antusias Chelsy, Miss Indonesia Earth 2012 beserta rombongan.

Presiden Director Immortal Cosmedika Indonesia, Mintario Bonzensra menjelaskan, kehadiran Miss Indonesia Earth 2012 beserta empat Miss Indonesia Earth lainnya adalah agar mereka yang merupakan duta bangsa, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan dapat menyaksikan secara langsung kegiatan produksi, serta lingkungan kerja di PT Immortal Cosmedika Indonesia. 

PT  Immortal Cosmedika Indonesia sendiri merupakan perusahaan kosmetik pertama, dan saat ini satu - satunya yang mendapatkan pengakuan Cosmetic GMP atau ISO 22716:2007. Terkait dengan kegiatan kemanusiaan khususnya terhadap lingkungan yang dikelola oleh yayasan Putri Bumi melalui pemilihan Miss Indonesia Earth 2012, Presiden Direktur Immortal menjelaskan bahwa, Immortal mendukung secara penuh kegiatan ini. Dikarenakan perusahaan memiliki komitmen tinggi guna dapat berpartisipasi secara nyata dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik. Lewat Duta bangsa tersebut diharapkan mampu memberikan inspirasi serta suri tauladan bagi masyarakat Indonesia maupun dunia, dan mampu mempromosikan kegiatan yang ramah lingkungan secara umum dan konservasi di bumi kita ini, ujar Mintario. Lebih jauh Mintario menjelaskan bahwa, perusahaan telah memulai secara bertahap dengan mengubah berbagai bahan pembentuk wadah atau kemasan produk kosmetik dari Immortal menjadi yang lebih ramah lingkungan.

Miss Indonesia Earth 2012 atau duta bangsa terpilih pada hari ini telah diajak untuk lebih dekat dalam proses pembuatan kosmetika yang baik dan benar agar dihasilkan produk - produk berkualitas tinggi yang tidak kalah dari bangsa lain. Diharapkan dengan proses yang benar dan tetap memperhatikan kualitas serta lingkungan, masyarakat Indonesia akan lebih mencintai produk dalam negerinya sendiri, serta memakainya dengan landasan kepercayaan yang tinggi akan bahan baku yang baik, proses GMP yang selaras, dan hasil akhir berupa produk kosmetika yang efektif dan aman.

Senada dengan Presiden Direktur Immortal, Chelsy Miss Indonesia Earth 2012 menjelaskan bahwa kunjungannya ke Immortal membuatnya sangat senang, karena Immortal merupakan perusahaan kosmetik yang tetap peduli lingkungan. Selain itu di Immortal, dirinya bisa menyaksikan secara lebih dekat bagaimana proses pembuatan kosmetik yang baik, benar, dan aman buat konsumen. Selebihnya, lewat penanaman pohon di halaman Immortal ini adalah tonggak di mana kita akan komit dengan lingkungan.

Di akhir kunjungan, Chelsy tak lupa mengucapkan terima kasih kepada manajemen yang telah memberi banyak bekal kepada Miss Indonesia Earth. Melalui momen seperti ini, diharapkan kedepannya tidak hanya Immortal Cosmedika saja yang peduli dengan lingkungan, tapi akan datang lagi kepedulian - kepedulian dari berbagai pihak, baik dari instansi swasta maupun pemerintah dalam cakupan bisnis lokal maupun internasional (Tarsih Ekaputra).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini