Sukses

Cantik dan Sehat Dengan Srikaya

Bagi anda penggemar buah, pasti sudah mengenal buah Srikaya, mungkin sebagian dari anda ada yang suka dan ada yang tidak. Ternyata srikaya juga menyimpan banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit anda.

Citizen6: Bagi anda penggemar buah, pasti sudah mengenal buah Srikaya, mungkin sebagian dari anda ada yang suka dan ada yang tidak. Buah yang disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, memiliki daging yang berwarna putih dan rasa yang manis, sedangkan biji yang telah masak berwarna hitam.

Selain itu, ternyata srikaya juga menyimpan banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit anda. Srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan kalium yang tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi anda dari serangan penyakit jantung.

Jika ingin mempercantik kulit secara alami, konsumsilah srikaya secara rutin. Buah ini mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata. Tidak hanya itu, buah yang biasa dijadikan selai dalam roti ini ternyata juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, dan mengobati diare serta disentri.

Itu sebabnya, sangat penting untuk menyertakan buah ini dalam diet harian anda. Buah ini mengandung magnesium yang tinggi, yang mampu menyeimbangkan air dalam tubuh, membantu menghilangkan asam dari sendi dan mengurangi gejala rematik serta radang sendi. Bila anda, sering mengalami kelelahan yang berlebihan, anda bisa mengonsumsi srikaya. Sebab, kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan kelemahan otot.

Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia, karena buah ini tinggi kalori. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, tak ada salahnya mengonsumsi srikaya secara rutin. Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami, untuk itu baik jika buah ini dijadikan camilan atau hidangan penutup Anda.

Bagian tanaman srikaya yang dapat digunakan sebagai obat yaitu buah, daun, akar, kulit kayu, dan bijinya. Akar srikaya berkhasiat untuk antiradang, antidepresi. Manfaat daun srikaya yaitu astringen, antiradang, peluruh cacing usus, serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga.

Walaupun buah srikaya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun penggunaannya harus dibawah herbalis berpengalaman. Karena beberapa bagian dari pohon srikaya ini beracun, seperti rebusan biji, kulit dan akar pohonnya. Bahkan untuk ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya, karena bisa berbahaya untuk kesehatan ibu dan janinnya.  (Dhita Gracia Samosir/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini