Sukses

Gudeg Yu Djum, Gudeg Lezat yang Bikin Lidah Bergoyang

Disajikan bersama nasi dan tambahan kuah santan kental, ayam kampung, telur ayam, dan sambal krecek akan menambah kenikmatan Gudeg Yu Djum.

Citizen6, Yogyakarta: Gudeg merupakan masakan yang terbuat atau berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan campuran santan. Biasanya makanan ini disajikan bersama nasi dengan tambahan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur ayam, tahu bacem beserta sambal goreng krecek.

Dibalik rasanya yang nikmat dan enak, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengolah masakan gudeg ini. Bahkan bisa berjam-jam.

Salah satu gudeg yang cukup terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Jalan Wijilan 31, Yogyakarta atau di sekitar daerah alun-alun utara Yogyakarta. Gudeg ini dibuka dari pukul 6 pagi hingga 10 malam.

Yummy, yah itulah yang akan pertama kita rasakan ketika memasukkan sesuap nasi gudeg Yu Djum ke mulut kita. Aroma pedas dan gurih yang membuat lidah bergoyang membuat Gudeg Yu Djum dapat bertahan hingga sekarang. Cabangnya pun semakin bertambah setiap tahunnya. Bisa dikatakan, siapa sih masyarakat Yogyakarta yang tidak mengenal Gudeg Yu Djum, yang sudah tersebar hampir di seluruh Yogyakarta.

Yogyakarta memang terkenal dengan wisata kuliner dan harganya yang terjangkau. Tapi untuk menikmati Gudeg YU Djum, memang dibutuhkan sedikit uang lebih untuk menikmatinya. Karena memang cara pembuatannya yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, gudeg ini bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, bagi Anda yang berasal dari luar kota.
 
Jadi, buat semuanya yang akan mengunjungi Yogyakarta, jangan lupa yah mampir ke Gudeg Yu Djum. Selamat berwisata ke Yogyakarta dan selamat menikamati Gudeg Yu Djum. (Benedictus Paskarunia/Mar)

Benedictus Paskarunia adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.