Sukses

Budaya Indonesia Warisan Dunia

Indonesia mempunyai khazanah budaya dan keragaman adat istiadat dan bahasa serta keindahan alam yang kaya.

Citizen6, Batam: Secara umum, Indonesia adalah negara yang sangat luas dan kaya, sehingga Indonesia mempunyai khazanah budaya dan keragaman adat istiadat dan bahasa serta keindahan alam yang kaya pula. Sebagai orang Indonesia yang lahir, besar, bersekolah, dan mencari nafkah di Indonesia, tentunya sangat mencintai negeri ini.

Kenapa? Pertama, di negeri ini saya dilahirkan, dibesarkan dengan kasih sayang, diberi pelajaran dan didikan hinga dewasa dan akhirnya bekerja. Kedua. Indonesia kaya akan seni dan budaya. Karena Indonesia Negara yang luas dan terdiri dari ribuan pulau, maka Indonesia kaya akan seni dan budaya yang membanggakan. Bukan hanya di dalam negeri, bangsa lain pun mengakui keindahan Indonesia. Bahkan cagar budaya Indonesia oleh UNESCO diakui sebagai warisan dunia. Contohnya,taman nasional Ujung Kulon, taman nasional Komodo, taman nasional Lorentz, Hujan hujan tropis di Sumatra, candi Borobudur dan  candi Prambanan serta situs Sangiran. Selain itu dalam segi budaya, Indonesia memiliki kesenian wayang, keris, batik dan angklung. Ketiga, Alam Indonesia sangat indah. Dari Aceh sampai Papua, tak ada satu pulau pun di Indonesia ini yang tidak indah alamnya.

Contohnya, Bali yang keindahan pantai, pura dan tariannya sangat terkenal diseluruh dunia. Pulau Belitung dengan pantainya yang indah, Pegunungan Karst Bantimarung, Sulawesi Selatan, Goa Gong di Jawa Timur yang stalagtit dan stalagmit nya terkesan mistis dan unik, Danau Sentani di Papua, Green canyon di Jawa Barat, Danau Gunung Tujuh di Jambi,  Danau Toba di Sumatera Utara, Taman laut Bunaken di Sulawesi utara, Gunung Kelimutu di NTT, Gunung Bromo di Jawa Timur, Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Carstensz Pyramid di Papua, Kepulauan Raja Ampat juga ada di Papua, dan banyak lagi lainnya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.  

Keempat, Hutan Indonesia merupakan paru-paru dunia (jajaran hutannya dijuluki zamrud khatulistiwa). Karena masih banyaknya jenis tumbuhan, sehingga dapat menyerap karbondioksida, sekaligus dapat menghasilkan oksigen. Bahkan Pulau Kalimantan yang milik Indonesia ini dijuluki paru-paru dunia. Kelima, Indonesia memiliki flora (Raflesia Arnoldi) dan fauna (Komodo) yang mana negara lain di dunia tidak memilikinya. Keenam, Indonesia bisa membuat iri negara tetangga dengan kesenian yang bernilai tinggi, sampai-sampai mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya milik Negara mereka. Masih ingat kan Reog Ponorogo dan lagu Gelang Sipatu Gelang yang diklaim Negara Malaysia sebagai seni budaya Negara mereka? Itu berarti kita jauh lebih baik, lebih maju, lebih indah, dan lebih memukau daripada Negara mereka.

Itulah yang menjadi alasan mengapa saya sangat mencintai Indonesia berdasarkan fakta dan pengetahuan yang saya ketahui dan saya rasakan. (Amoria Patriani/mar)

Amoria Patriani adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini