Sukses

Pacitan Gelar Napak Tilas Gerilya Jenderal Sudirman

Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar agenda gerak jalan napak tilas rute gerilya Jenderal Sudirman di wilayah Pacitan.

Citizen6, Pacitan: Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar agenda gerak jalan napak tilas rute gerilya Jenderal Sudirman di wilayah Pacitan.

Ada 2 monumen yang akan dijadikan lomba gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Minggu 10 November 2013 mendatang, yakni Monumen Tumpak Rinjing dan Monumen Jenderal Soedirman di Paksibaru. Gerak jalan akan dilakukan secara estafet dengan masing-masing etape sejauh 2 kilometer.

Menuju Monumen Tumpak Rinjing, gerak jalan diikuti puluhan kelompok dari berbagai instansi di Pacitan dengan menempuh jarak sekitar 32 Km. Dengan dimulai dari SMP Negeri 1 Pacitan, berlanjut ke Bangunsari, Sedeng, Pringkuku, Dadapan, menuju Monumen Tumpak Rinjing, Ploso, dan finish di Baleharjo di tempat semula.

Sedangkan napak tilas di daerah lain dengan target Monumen Jenderal Soedirman di Paksibaru dilakukan serentak di 6 wilayah kecamatan yang dilalui rute gerilya. Yaitu Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Bandar, dan Nawangan.

Gerak jalan dilakukan dengan melakukan start dari Klepu, Sudimoro dan hari ini dijadwalkan sampai di Desa Wonokarto kecamatan Ngadirojo sejak Kamis 7 November 2013 kemarin. Pembukaan yang berlangsung di Klepu sendiri langsung dibuka oleh Bupati Pacitan Indartato dengan melepas bendera start.

Setlah itu, perjalanan akan dilanjutkan dari Wonokarto menuju Ngunut Bandar. Sedangkan untuk Sabtu 9 November 2013. perjalanan dilanjutkan dari Ngunut sampai balai Desa Pakisbaru di Nawangan. Agenda gerak jalan ini sendiri akan berakhir pada 10 November mendatang dari balai Desa Pakisbaru sampai finish di monumen Jendral Sudirman Pakisbaru.

Lomba ini sendiri diikuti ribuan masyarakat Pacitan dari segala usia yang sangat antusias mengikuti lomba untuk memperingati hari pahlawan dan menelusuri jejak perjuangan gerilya Panglima Jenderal Soedirman. (Dwi Purnawan/mar)

Dwi Purnawan adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.