Sukses

Game Pengembangan Mahasiswa UMN Juarai Gemfest 2013

Satu lagi mahasiswa TI UMN berhasil meraih juara ketiga Gemfest 2013 untuk game yang berjudul 'Trigger Knight Ex'.

Citizen6, Jakarta: Satu lagi mahasiswa TI Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menorehkan prestasi untuk almamater. Ericko Yaputro (TI 2010) berhasil meraih juara ketiga Gemfest 2013 untuk game yang berjudul 'Trigger Knight Ex'.

Berawal dari proyek yang dikerjakannya selama magang di Mintsphere (sebuah studio developer game di Indonesia) yaitu mengembangkan game yang telah ada sebelumnya bernama 'Trigger Knight'. Ericko sebagai programmer bekerjasama dengan pihak Mintsphere sebagai artistnya, mereka menghasilkan 'Trigger Knight Ex'.

"Kita bikin game dengan versi yang lebih bagus, lebih menarik perhatian. Seperti ekspansi. Ibaratnya mobil diganti velg atau mesin," jelas Ericko.
 
Game 'Trigger Knight Ex' tersebut yang akhirnya diajukkan untuk diikutsertakan dalam Gemfest 2013 yang diselenggarakan oleh Kreon Mobile.

"Sebelumnya Kreon Mobile sudah pernah mengeluarkan game online seperti point blank, dan kali ini mereka mau merambah pasar baru untuk game online. Maka dari itu diadakan perlombaan ini. Game yang menang nantinya akan dipublish oleh Kreon Mobile," tuturnya.

Proses pengembangan game 'Trigger Knight' menjadi 'Trigger Knight Ex' ini memakan waktu selama satu bulan. Setelah itu, game tersebut disubmit kepada panitia Gemfest untuk masuk kepenjurian. Pesertanya sendiri berasal dari 3 kota; Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta. Dari kota-kota tersebut didapatkan 15 finalis yang ditugaskan untuk mempresentasikan game mereka. Pada akhirnya, terpilihlah 6 juara dan Ericko menjad ijuara ketiga.

Sepanjang penggarapan 'Trigger Knihgt Ex', Ericko mengatakan materi yang diberikan selama perkuliahan di jurusan Teknik Informatika sangat membantunya, sehingga ia bisa menghasilkan suatu karya yang patut diacungi jempol. Sebelum mengikuti Gemfest 2013 pun, Ericko pernah mengikutilomba-lomba seperti XL Gamehack , dimana ia menjadi finaslis dan Hackathon di Bandung. D sini, ia bersama-sama se-timnya menjadi pemenang.

Mahasiswa semester 7 yang akan menyelesaikan skripsnya ini juga memiliki keinginan untuk ke depannya. "Saya ingin ikut berbagai perlombaan lagi nantinya," ucap Ericko. (Chininta Rizka Angelia/mar)

Chininta Rizka Angelia adalah PR ExecutiveUniversitas Multimedia Nusantara dan pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini