Sukses

Tips Jitu Atasi Kekerasan Pada Saat Pacaran

Citizen6, Semarang:  Pacaran adalah masa di mana kita mengenal lawan jenis lebih dalam sebagai calon pasangan yang akan kita jadikan pendamping hidup. Sebuah hubungan pacaran diawali oleh adanya rasa cinta kedua insan tersebut.

Tanpa cinta, pacaran akan terasa hampa. Menurut Sternberg dalam teori cinta, dia mengatakan bahwa cinta dibagi menjadi tiga yaitu (1) intimasi merupakan perasaan yang mendorong individu untuk melakukan kedekatan dengan orang yang dicintainya, (2) gairah yaitu keinginan untuk berdekatan secara fisik , dan (3) komitmen adalah perilaku untuk mempertahankan keutuhan hubungan cinta dengan orang yang dicintainya.

Jika terlepas dari rasa cinta, sering kita temui berbagai macam hal yang mengenai perilaku kekerasan dalam hubungan pacaran. Kekerasan dalam pacaran seharusnya tidak terjadi jika dalam pacaran itu mempunyai intimasi, gairah, dan komitmen. Di sini saya akan mengulas mengenai cara agar kita bisa terhindar kekerasan saat pacaran.

Kenali latar belakang

Ketika Anda mau menjalani pacaran sebaiknya Anda dapat mengenal calon pacar Anda mulai dari teman – temannya preman atau bukan, latar belakang keluarganya, jika keluarga broken home bisa menjadi faktor memicu seseorang melakukan kekerasan dalam pacaran, walau tidak semua demikian. Kecenderungan emosi meledak dan suka memukul dapat disebabkan ketika sejak kecil  dia terbiasa memendam emosi negatif. Setelah bertumpuk barulah dia mengeluarkan emosi itu dalam bentuk tindakan fisik.

Kenali perilaku kekerasan dan berani untuk melawan

Anda sebagai pacarnya harus dapat membedakan mana perilaku yang mengancam dan mana perilaku yang tidak mengancam diri Anda. Ketika ada perilaku yang mulai mengancam, sebaiknya Anda jangan segan-segan untuk menceritakan pada teman atau orang tua Anda. Jangan takut pula untuk memberontak dan mencari pertolongan ketika kekerasan itu terjadi.

Minta pacar anda menemui konselor

Ketika hal ini sudah terjadi pada diri Anda dan hubungan kalian ingin tetap berlanjut, mintalah pacar Anda supaya dia mau menemui konselor atau terapis untuk mendapatkan bantuan. Bisa diberikan batas waktu misal minimal setahun, sampai ada rekomendasi dari terapisnya dan Anda yakin perubahan itu signifikan. Usahakan ikut tes kepribadian di pusat konsultasi psikologi, hasilnya akan sangat membantu. Karena bisa menemukan kelainan atau gangguan tertentu.

Terbukalah dengan orang lain mengenai hubungan Anda

Jika hal ini sudah terjadi terbukalah sambil meminta pendapat dari orangtua, saudara, teman dekat atau pembimbing rohani yang mencintai Anda. Dengarkanlah nasehat mereka sambil mendoakan agar ada kesejahteraan dalam hati Anda. Seringkali nasehat mereka sangat membantu.

Ubah dari pacaran ke teman biasa

Mungkin banyak dari Anda yang akan sulit untuk melepas pacar Anda, tapi jika kekerasan ini tidak bisa berhenti jangan segan-segan untuk mengubah status dari pacar menjadi teman biasa sambil menjaga jarak. Sembari Anda belum punya pacar, Anda bisa mendoakan dan memperhatikan perubahan pacar Anda. Jika mendapat suatu ketika Anda mendapat yang lebih baik bagi Anda, dan menjanjikan masa depan yang lebih sehat Anda boleh memilih dan memulai lembaran baru dengannya.

Menurut Psikologi Spiritual bisa di katakan cinta abadi jika :
1.      Pria dan wanita ingin dicintai dan dihormati. Akan tetapi, wanita lebih ingin dicintai dan pria lebih ingin dihormati.
2.      Diskusi mengenai apa yang masing-masing inginkan akan membangun hubungan yang serasi. Mengurangi kesalahpahaman dan membuka jalan untuk hubungan yang panjang.
3.      Apa yang sering tidak disukai oleh banyak orang adalah kekurangan mereka yang tercermin dalam diri pertemanan mereka sebagai suatu kelebihan.
4.      Kunci untuk menangani perbedaan adalah cinta, penghargaan dan negosiasi. Dengan ketiga hal tersebut semua masalah bisa terselesaikan.
5.      Ketika pintu hati dan jendela jiwa telah terbuka bagi pasangannya masing-masing, tidak akan ada yang namanya kesepian.
6.      Memberikan dukungan dalam suatu keraguan akan membangun interaksi yang konstruktif dan membantu memecahkan masalah-masalah sensitif.
7.      Memaafkan adalah hal yang paling mujarab untuk mengobati luka hati, walaupun secara bertahap.
8.      Sentuhan yang tulus, penghargaan, dan komunikasi yang jujur dapat selalu memperbaharui cinta dan kepercayaan.
 
Seperti yang diuraikan di atas bahwa pacaran adalah tahap untuk mencari pasangan hidup, maka jangan sampai Anda memilih pasangan yang salah untuk menjadi pendamping hidup Anda. Semoga membantu agar anda tidak terjebak dalam kekerasan pacaran dan menambah wawasan ilmu anda. (Ratih Kumala Dewi/ kw)

Ratih Kumala Dewi, Mahasiswi Ilmu Komuniaksi UNDIP,Semarang adalah pewarta warga

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini