Sukses

Bawang Putih, Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat

Selain untuk penyedap rasa pada makanan, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Citizen6, Semarang: Bawang putih pada umumnya menjadi bumbu dasar dari kebanyakan masakan nusantara. Selain untuk penyedap rasa pada makanan, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang putih:

1. Mencegah kanker

Semua orang tentunya takut dengan penyakit yang mematikan ini. Untuk menghindari resiko terkena penyakit ini, alangkah baiknya mencegahnya terlebih dahulu. Dengan Anda mengunyah bawang putih mentah, maka Anda telah mengurangi resiko terkena kanker.

2. Menghilangkan jerawat

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan noda. Juga berkhasiat untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggosokan irisan bawang putih pada jerawat secara perlahan. Tunggu sebentar kemudian bilas hingga bersih menggunakan air.

3. Mengontrol berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, bawang putih sangatlah cocok untuk membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Caranya hanya dengan menggunakan bawang putih dalam setiap masakan Anda. Selain menjadikan masakan lebih lezat juga membantu kita yang mendapatkan tubuh yang ideal.

4. Menyuburkan rambut

Rambut rontok adalah masalah bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia.Bawang putih ternyata mengandung Allicin  tinggi, yang mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawang merah, yang efektif untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Cukup dengan menggosokkan irisan bawag putih ke kulit kepala atau bisa juga dengan menambahkan minyak lalu dipijatkan ke kepala Anda.

5. Melancarkan peredaran darah

Mengunyah bawang putih juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat. (mar)

Penulis
Vania Malinda
Semarang, aniamxxx@yahoo.com


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.