Sukses

6 Tips Traveling Murah untuk Mahasiswa

Traveling saat ini lagi tren, tidak terkecuali di kalangan mahaiswa. Mayoritas mahasiswa belum memperoleh penghasilan tetap.

Traveling saat ini lagi tren, tidak terkecuali di kalangan mahaiswa. Mayoritas mahasiswa belum memperoleh penghasilan tetap, masih tergantung pada orang tua. Untuk bisa melakukan traveling ke tempat-tempat menarik, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Menabung

Menabung bukanlah hal yang susah untuk mahasiswa apabila seorang mahasiswa mampu mengontrol pola makannya. Cobalah untuk menahan sejenak keinginan anda untuk makan makanan yang terlalu mahal. Pengorbanan anda untuk menahan makanan tersebut akan terbayar saat anda traveling nantinya.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Banyak sekali sekarang ini lowongan pekerjaan part time yang dibuka untuk mahasiswa. Mulai dari menjaga SPBU, menjadi pelayang rumah makan, ataupun penjaga toko, content writer, admin social media atau bahkan menjadi buzzer. Anda juga bisa melakukan wirausaha kecil-kecil seperti menjual makanan ringan atau menjadi seorang fotografer dadakan. Penghasil-penghasilan kecil seperti itu akan sangat bermanfaat untuk mengupgrade tujuan traveling anda.

3. Cari Teman Traveling Sebanyak-banyaknya

Teman sangat anda butuhkan untuk partner traveling anda nantinya, semakin banyak teman yang kalian ajak maka semakin sedikit pengeluaran yang masing-masing dari anda akan keluarkan.

4. Nekat

Salah satu modal traveling mahasiswa yang sering digunakan saat ini adalah modal nekat. Berawal dari obrolan-obrolan kecil bersama teman-teman, terbesitlah obrolan untuk traveling ke suatu tempat yang cukup jauh. Dan beberapa jam kemudian semau telah siap dan siap untuk berangkat.

5. Tambah Relasi dimanapun Kalian Berada

Apabila anda traveling ke suatu tempat, jangan lupa untuk mengakrabkan diri dengan warga sekitar, siapa tahu untuk kunjungan traveling berikutnya anda ditawari untuk menginap dan konsumsi secara gratis oleh relasi kalian tersebut.

6. Sering-sering Update Harga Tiket

Apabila anda sering mencermati harga-harga tiket transportasi umum seperti kereta, bis, dan pesawat maka seringkali anda akan menemukan promo-promo khusus dimana harga-harga tiket mendapat potongan besar bahkan hingga 50% lebih untuk sekali pergi-pulang. (kw)


Penulis
Habibi Cool

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini