Sukses

6 Gedung dengan Arsitektur Aneh di Asia

Bangunan-bangunan megah karya arsitektur dunia ini layak dikunjungi karena keunikannya.

Citizen6, Jakarta Kreativitas manusia memang tidak ada batasnya. Sejarah telah membuktikan orang-orang dari generasi masa lalu telah mampu menciptakan karya-karya monumental. Misalnya candi Borobudur, Gedung parlemen di Inggris, menara miring Pisa dan lainnya.

Di era modern kebiasaan membangun bangunan dengan arsitektur unik dan megah terus berlanjut. Dengan perkembangan teknologi, bangunan-bangunan di era sekarang bentuknya lebih unik dan megah. Di tiap Negara, bangunan itu dijadikan simbol  kemajuan peradaban yang telah dicapainya.

Berikut 6 gedung atau bangunan dengan arsitekture yang unik yang wajib dikunjungi:

1.    Lotus Temple

Gedung yang terletak di New Delhi , India ini sebenarnya adalah tempat beribadah penganut agama Bahai. Gedung yang berbentuk mirip bunga teratai ini selesai dibangun pada 1986. Gedung ini menjadi salah satu daya atrik di India. Gedung ini telah memenangkan beberapa award dalam bidang arsitektur. Karena begitu uniknya, gedung telah dipublish oleh media selama ratusan kali.
Bahkan pada 2002 tercatat bangunan ini telah dikunjungi lebih dari 50 juta orang.

2.    Hang Nga Guest House

Dalam bahasa Vietnam gedung ini disebut Biet Thu Hang Nga, dikenal sebagai" Crazy House “ ini adalah bangunan konvensional yang dirancang dan dibangun oleh arsitek Vietnam Đăng Việt Nga di Đà Lat , Vietnam .

Orang-orang menyebut bangunan ini sebagai “rumah dongeng: karena desain rumah tersebut mirip dengan pohon raksasa.  Desain bangunan ini  menggabungkan elemen desain pahatan yang mewakili bentuk alam seperti binatang , jamur , jaring laba-laba dan gua-gua .

Nga, arsiteknya mengakui merancang bangunan ini karena terinspirasi arsitek Catalan Antoni Gaudí dalam desain bangunan dan karya-karya seniman seperti Salvador Dalí dan Walt Disney
Sejak dibuka pada tahun 1990 , bangunan telah memperoleh pengakuan sebagai bangunan dengan arsitektur yang unik. Dan Harian rakyat China menyebut bangunan ini adalah salah satu bangunan paling aneh di dunia. Karenaa kepopulerannya, bangunan ini telah dimasukkan dalam buku panduan traveling yang harus dikunjungi di Vietnam
 

3. Rotating Tower, dubai

Bangunan yang dirancang oleh Dr. David Fisher ini terletak di  Dubai, United Arab Emirates dengan berbagai fungsi seperti kantor, hotel, hunian dan apartemen.

Banguna setinggi 420 meter ini disebut juga Dynamic Tower atau Da Vinci Tower, moving skyscraper. Uniknya, di setiap lantaia bangunan ini bisa bergerak secara otomatis sehingga bentuk gedung bisa berubah-ubah sendiri.  Menakjubkan bukan, kamu yang penasaran bisa mengunjungi gedung berlantaai 80 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2


 
4.    The Banpo Bridge



Bangunan yang berada di pusat kota Seoul ini adalah sebuah jembatan di atas Sungai Han, Korea Selatan. Jembatan ini menghubungkan kota Seocho dan Yongsan. Jembatan ini dibangun pada tahun  1982.

5. Honey Bee Hive House

Bangunan ini sebenarnya adalah bagian dari rumah dinas  Brigham Young  yang berada di Jerusalem, Israel. Brigham Young adalah  pemimpin Gereja Yesus Kristus dari The Church of Jesus Christ of  Latter-day Saints (the Mormons). Nama Gedung ini, The Beehive  Gedung diambil dari patung Beehive. Bangunan ini dirancang oleh   Truman O. Angell .  The Beehive dibangun pada tahun 1854.

Gedung ini sngaja dibuat sangat unik karena menteri perumahan nasioal bermaksud mendobrak  desain  bangunan yang selama ini standar.

6.    Gedung teater Nasional Beijing

Gedung megah yang difungsikan sebagai tempat pertunjukan seni ini didesain oleh Paul Andreu. Di dalamnya bangunan dengan luas 12,000  meter persegi  ini mampu menampung 4,452 penonton.

Gedung yang menggunakan banyak elemen kaca ini dikelilingi oleh danau buatan. Sehingga dari kejauhan seperti tampak sebutir telur yang mengambang di atas air.

Sangat menakjubkan. Sudah siap mengagendakan waktu untuk kesana?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca  di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini