Sukses

7 Situs Keajaiban Dunia vs 7 Bangunan Ajaib Indonesia

Indonesia ternyata tak kalah dengan negara lain. Setidaknya, Indonesia mempunyai bangunan tandingan situs keajaiban dunia.

Citizen6, Jakarta Tak banyak yang tahu, Indonesia mempunyai bangunan-bangunan unik yang tak kalah dengan bangunan-bangunan yang disebut situs warisan dunia. Kali ini, kita akan mencoba membandingkan bangunan-bangunan tersebut. Apa saja?

Taj Mahal vs Masjid Raya Baiturrahman

Taj Mahal sebenarnya merupakan sebuah monumen yang didirikan atas keinginan Kaisar Shah Jahan untuk istrinya yang telah meninggal. Istrinya yang dibuatkan monument tersebut bernama Mumtaz Mahal, istri ketiga sekaligus istri yang paling dicintainya. Mumtaz Mahal meninggal sewaktu melahirkan putri mereka yang ke-14, Gauhara Begum.

Sedangkan Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 M. Bangunan ini merupakan pusat dari kegiatan keagamaan di Aceh. Masjid ini salah satu masjid yang bertahan saat gempuran tsunami melanda Aceh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

Patung Kristus Penebus Dosa vs Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Kristus Penebus Dosa terletak di Rio de Janeiro, Brasil dan merupakan patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur art deco terbesar. Patung yang memiliki tinggi 38 meter ini didirikan di atas puncak Gunung Corcovado dan menghadap ke kota. Patung ini menjadi simbol umat Kristen.

Lain lagi dengan Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung ini terletak di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali. Patung yang berwujud Dewa Wisnu ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Hingga kini pembangungan patung yang satu ini belum juga selesai. Jika pembangunan patung ini selesai, patung ini akan mengalahkan Patung Liberty.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

Tembok Besar Cina vs 

Tembok Besar Cina kerap juga dinamakan Tembok Besar Tiongkok merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia dan terletak di Tiongkok. Tembok Besar Cina masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia dan daftar Situs Warisan Dunia versi UNESCO. Tembok ini memiliki panjang 8.851 km.

Tiruan Tembok Besar Cina terdapat di Koto Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Tembok yang satu ini kerap disebut Janjang Koto Gadang. Janjang berarti tangga. Banyak pula yang menamakannya Great Wall. Tembok Besar Koto Gadang menghubungkan Kabupaten Agam dengan Kota Bukittinggi dengan panjang 1,5 km.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

Chichén Itzávs Candi Borobudur

Chichén Itzá adalah Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan ekonomi dan politik peradaban Bangsa Maya. Chichén Itzá disebut sebagai titik sentral komplek bangunan. Berbeda dengan arsitektur Piramida Mesir, piramida Bangsa Maya tidak berbentuk kerucut.

Di Indonesia, terdapat satu piramida yang bentuknya tidak kerucut pula. Candi Borobudur memiliki punden berundak yang semakin mengerucut ke atas. Candi ini juga merupakan candi Budha terbesar di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

Petra vs Goa Gajah

 

 

Situs arkeologi Petra terletak di Ma’an, Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat serta sistem pengairannya. Petra diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 SM sebagai ibu kota dari Nabath. Situs ini pertama kali diketemukan pada tahun 1812 oleh pengelana Swiss Johann Ludwig Burckhardt. Kini Petra termasuk dalam Situs Warisan Dunia versi UNESCO.

Goa Gajah merupakan gua buatan yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Gua yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Gua ini berjarak lebih kurang 27 km dari Denpasar. Di depan gua ini terdapat banyak arca serta patung yang dijaga. Gua ini merupakan tempat suci agama Hindu-Budha pada masa pemerintahan Dinasti Warnadewa dari abad X-XIV M.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

Colosseum vs Stadion Gelora Bung Karno

Colosseum atau Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator. Situs ini terletak di Roma, Italia dan didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus. Nama asli bangunan ini adalah Flavian Amphitheatre dan termasuk situs keajaiban dunia.

Sedangkan Stadion Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini diberi nama menyerupai presiden pertama RI untuk menghormatinya.

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

Machu Picchu vs Situs Ratu Boko

 

Macchu Piccu sering pula disebut Kota Inca yang Hilang adalah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Macchu Piccu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.

Lain lagi dengan Situs Ratu Boko atau Candhi Ratu Boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada di sebelah selatan Candi Prambanan. Situs ini terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 m dari permukaan laut. Luas keseluruhannya adalah sekitar 25 ha. Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas.

Nah, terbukti Indonesia tak kalah dengan negara lainnya bukan?

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.