Sukses

Vietnam Kini Legalkan Pernikahan Sejenis

Vietnam mulai tahun ini melegalkan perkawinan sejenis.

Citizen6, Jakarta Negara-negara Muslim di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei melarang pernikahan sejenis, Vietnam mengambil sikap yang bertolak belakang. Vietnam kini melegalkan pernikahan sejenis sejak 1 Januari 2015 lalu.

Vietnam adalah negara kedua di Asia yang menghapus undang-undang  yang melarang pernikahan orang-orang yang berjenis kelamin sama. Sebelumnya Israel telah lebih dahulu melakukan hal yang sama.

Dengan berlakunya pada 1 Januari dari undang-undang yang menghapuskan peraturan yang " melarang pernikahan antara orang-orang dari jenis kelamin yang sama " , Vietnam kini menjadi negara kedua di Asia ( setelah Israel ) yang memungkinkan pernikahan sesama jenis .

Menurut  wawancara telepon yang dilakukan oleh Bloomberg  dengan wakil direktur Asia Human Rights Watch Thailand mengatakan bahwa upaya pembahasan tentang hukum sesama jenis telah berhenti sejak naiknya pemerintah militer pada Mei.

Di Kamboja, Birma dan Laos pembahasan masalah ini baru akan di bahas di legislatif sementara di Filipina sedang mempertimbangkan untuk melarang pernikahan sejenis.  

Di Brunei, undang-undang yang baru menetapkan bahwa mereka yang terlibat dengan pernikahan sejenis akan menghadapi ancaman hukum cambuk   dan dipenjara.

Saat ini Vietnam telah melihat banyak wisatawan lgbt yang masuk ke negara itu.  Menurut  Pemilik Gay Hanoi Tours, Nguyen Anh Tuan telah terjadi peningkatan booking melalui agennya sebanyak 50 persen dibanding tahun lalu .

“Undang-undang baru menunjukkan, bahwa Vietnam lebih terbuka dalam menyambut turis asing, " katanya.  Vietnam berubah sangat cepat . Ada komunitas gay yang besar, juga acara-acara untuk kaum homoseksual."

Para pemimpin negara juga telah memungkinkan organisasi gay yang akan didirikan dan di musim panas diizinkan gay naik kebanggaan sepeda dengan bendera pelangi di Hanoi . 

Pemimpin negara ini juga memberikan kebebasan kepada para LGBT untuk mendirikan organisasi. Dia juga mengijinkan adanya parade sepeda dengan bendera pelangi di Hanoi.

Sebelumnya negara-negara seperti Belgia, Belanda, Spanyol, Kanada, Afrika Selatan, Norwegia, Swedia, Portugal, Islandia, Argentina, Meksiko juga telah melegalkan perkawinan sejenis.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini