Sukses

7 Kota dengan Desain Tercantik di Dunia

Kota-kota ini dibangun dengan perencanaan matang sehingga tampak cantik bagi wisatawan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Untuk membangun sebuah kota, dibutuhkan perencanaan matang. Baik dari sisi kebijakan, analisis dampak lingkungan, tata ruang kota, dan segala hal lain yang berkaitan dengan kebijakan publik. Beberapa kota, tak berhasil dmendatangkan kenyaman bagi penduduk karena kesemrawutannya. Namun kota-kota lain, ternyata dikenal dengan desainnya yang cantik. Apa saja?

7. Brasil

Siapa yang menyangka kota terkenal di Amerika Selatan ini sengaja dibangun dengan perencanaan yang matang? Sebelum diresmikan pada 21 April 1960, pembangunan Brasil telah dilakukan sejak tahun 1956 dan menghabiskan waktu 41 bulan. Pengkonstruksian kota diperintahkan oleh Presiden Juscelino Kubistschek dengan ide Le Corbusier. Arsitek-arsitek yang merancang kota Brasil adalah Lucio Costa sebagai perencana kota utama, Oscar Niemeyer sebagai arsitek utama gedung public, dan Roberto Burle Marx yang merancang lanskap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Athena

6. Athena

Kota yang menjadi pusat ekonomi, budaya, dan politik Yunani ini sering disebut sebagai kota tempat peradaban barat berasal. Pernyataan tersebut dikarenakan Athena mencapai puncak kebudayaan paad abad keempat dan kelima. Hal ini membuat Athena kaya akan berbagai bangunan, monument, karya seni kuno. Bangunan paling terkenal di kota ini salah satunya adalah Akropolis.

3 dari 7 halaman

Barcelona

5. Barcelona

Spanyol pernah menjadi tempat bersatunya budaya Islam dan Kristen. Begitu pula kota Barcelona yang terletak di Spanyol ini. Kota Barcelona berdiri pada 230 SM. Di Barcelona banyak terdapat galeri hidup dari arsitektur dan dekorasi bergaya modernis serta art nouveau/seni baru. Kuil-kuil, bangunan-bangunan dengan cita rasa seni yang tinggi, sisa tembok Romawi, gereja abad pertengahan, serta  plaza membuat Barcelona begitu istimewa.

4 dari 7 halaman

Paris

4. Paris

Kota Paris telah mengalami berbagai perubahan sejak pertengahan abad ke-19. Awalnya, Paris dipenuhi jalanan sempit bak labirin. Namun pada awal tahun 1852, Baron Haussmann meminta seluruh distrik diratakan untuk dibuat jalan lebar yang dilengkapi bangunan batu neo-klasik bourgeoise. Kini Paris modern telah mengalami banyak perubahan dan memesona tiap orang yang datang ke sana.

5 dari 7 halaman

Florence

3. Florence

Ibukota Provinsi Firenze, Italia Tengah ini berada di kaki perbukitan Apennine. Kota ini merupakan tempat kelahiran Renaissance. Sejak abad ke-14 sampai abad ke-16, Florence dikenal sebagai pusat budaya, ekonomi, dan keuangan.  Di kota ini lahir seniman-seniman melegenda seperti: Botticelli, Verrocchio, Leonardo da Vinci, Donatello, Mosaccio, bahkan Galileo. Tak heran kota ini kemudian dijuluki kota pelopor kebangkitan seni budaya Italia.

6 dari 7 halaman

Dubai

2. Dubai

Kota yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab makin menancapkan kukunya sebagai kota masa depan. Meski terletak di gurun pasir, Dubai yang disebut salah satu kota terpadat di Uni Emirat Arab ini dipenuhi gedung-gedung megah nan cantik. Bahkan pulau buatan berbentuk pohon palem pun dibuat di Dubai. Tak heran, Dubai kemudian disebut-sebut sebagai kota masa depan.

7 dari 7 halaman

Mekkah

1. Mekkah

Bangunan Ka’bah yang terletak di kota Mekkah bak magnet tersendiri bagi kota ini. Jutaan orang pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Hal ini membuat pemerintah kota Mekkah melakukan segala hal agar pengunjung maupun orang-orang yang melakukan ibadah merasa nyaman di kota ini. Kompleks Masjidil Haram misalnya, telah mengalami beberapa kali pemugaran. Bangunan-bangunan bernuansa religius pun menghiasi kota ini menjadikannya begitu cantik.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Adakah kotanya yang mendapat penghargaan karena tata kotanya?

Jangan salah. Baru-baru ini kota Surabaya mendapat penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly (EBA) untuk kategori "City of the Future" (Kota Masa Depan). Kategori "City of the Future" tersebut merupakan yang tertinggi yang bisa disabet peraih penghargaan setingkat kota. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ibu Risma sebagai walikota Surabaya. 

Wah, hebat juga ya? Semoga kota-kota yang lain di Indonesia menyusul pula.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.