Sukses

Dari Communicasting Academy untuk MAN I Garut di Liputan6.com

MAN I Garut melakukan kunjungan ke redaksi Liputan6.com. Di sini mereka memperoleh pelatihan Public Speaking dari Communicasting Academy

Citizen6, Jakarta Sore ini (Selasa, 20 Januari 2015), Liputan6.com kedatangan rombongan MAN 1 Garut.  Rombongan yang berjumlah 50 orang tersebut terdiri dari siswa-siswi beserta guru. Kunjungan yang mereka lakukan dalam rangka kunjungan industri tersebut mendapat sambutan baik dari Liputan6.com.

Sebelum berkunjung ke kantor redaksi, mereka terlebih dahulu mendapat materi singkat mengenai jurnalisme online dari Pak Gawang selaku wakil pimpinan redaksi Liputan6.com. Pak Gawang memberikan penjelasan mengenai mudahnya berbagi berita di zaman yang serba online sekarang ini. Menurutnya, saat ini semua orang bisa menjadi jurnalis. Asalkan mereka mempunyai kepekaan dalam memberitakan berita yang mereka temui.

Berikutnya, salah satu reporter Liputan6.com unjuk bicara. Jeko memaparkan pengalamannya menjadi reporter di media online, meski sebelumnya dia tidak mempunyai dasar jurnalis. Bagi Jeko, yang penting adalah seseorang tersebut bisa menulis. Jika seseorang bisa menulis, maka ia pastinya mampu menulis apapun yang ia sukai. Semuanya bermula dari kesukaan.

Para siswa ini sangat beruntung karena pada kesempatan ini mereka memperoleh pelatihan Public Speaking dari Communicasting Academy. Materi dari Communicasting Academy kali ini diberikan oleh Donny de Keizer. Laki-laki yang mempunyai akun Twitter @DonnyDeKeizer ini  merupakan seorang speakerpreaneur sekaligus newscaster. Ia memulai karirnya di stasiun televisi TVRI. Pengalamannya selama bertahun-tahun membuatnya berani memaparkan tips-tips untuk menjadi seorang public speaker yang baik.

Pak Donny memberikan materi dasari-dasar public speaking bagi para siswa yang tertarik mendalami public speaking. Menurutnya, yang pertama harus dilakukan bagi seorang public speaker adalah tersenyum. Dengan tersenyum, seorang public speaker tak akan ragu untuk menghadapi audience di hadapannya.

Selanjutnya, barulah mempersiapkan materi dan latihan sebanyak mungkin agar tidak lagi grogi berdiri di depan umum. Yang terpenting bagi seorang Donny de Keizer, sebuah pekerjaan mesti dilakukan atas dasar cinta. Seseorang yang mencintai pekerjaannya, mencintai apa yang dilakukannya, akan berusaha menunjukkan kinerjanya sebaik mungkin apapun bidang yang ia ambil.

Sehabis materi diberikan, ternyata siswa-siswi MAN 1 Garut tersebut masih kurang puas dengan pemaparan yang diberikan Donny de Keizer. Banyak yang mengacungkan tangan saat beliau membuka sesi tanya-jawab. Pertanyaan-pertanyaan para siswa tersebut pun dijawab dengan baik oleh Donny de Keizer. Meski hari semakin beranjak sore, tak satupun wajah lelah yang membayang dari siswa-siswi MAN 1 Garut. Penyajiannya yang ringan dan penuh canda membuat ruangan riuh oleh gelak tawa.

Donny berharap para siswa-siswi tersebut tak berhenti berusaha menggapai cita-cita mereka. Baginya, jika mereka melakukan apa yang mereka lakukan dengan baik niscaya hasil yang baik akan mengikuti mereka. Di akhir acara, Communicasting Academy yang mempunyai akun Twitter @CommunicastID serta Liputan6.com memberikan bingkisan menarik bagi penanya yang beruntung. Setelah sesi materi selesai, acara pun ditutup dengan foto bersama.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.