Sukses

Mengagumi Keindahan Masjid Sejuta Warna di Iran

Masjid Nasr Al-Mulk ini memiliki keindahan seperti pelangi dengan warna-warna cantik dalam arsitekturnya

Liputan6.com, Jakarta Masjid Nasr al-Mulk atau biasa disebut Masjid Merah Muda ini terletak di Shiraz, Iran. Masjid ini dari luar tampak seperti bangunan masjid tradisional pada umumnya namun ternyata didalamnya dia menyimpan sejuta keindahan warna-warni.


Masjid ini dibangun di Masa Qajar, hingga saat ini berada di bawah perlindungan Yayasan Nasr al-Mulk. Dibangun atas permintaan Mirza Hasan Ali Nasr al Mulk, salah satu raja Dinasti Qajar pada tahun 1876, masjid ini selesai dibangun pada 1888. MUhamad Hasan dan Muhammad Reza Kashi menjadi orang yang dipercaya untuk mendesain masjid ini.


Masjid Nasr Al-Mulk menggunakan kaca berwarna untuk sebagian besar muka bangunannya. Kaca-kaca berwarna ini dirancang menampilkan elemen tradisional seperti five concaves. Karena warnanya yang indah ini Masjid Nasr al-Mulk juga disebut Pink Mosque oleh para turis.

 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.