Sukses

Ternyata Ini Ujung Tembok Besar Cina yang Melegenda

Pernahkah Anda bertanya ada apa di ujung Tembok Besar Cina? Ini dia ujung Tembok Besar Cina tersebut.

Citizen6, Jakarta Selama ini Tembok Besar China terkenal sebagai bangunan paling panjang di dunia. Bangunan terpanjang di dunia ini memiliki panjang keseluruhan 8.850 km. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana rupa ujung dari Tembok Besar Cina itu sendiri?

Salah satu ujung Tembok Besar China berada di sebelah barat, yakni di Top Lake. Ujung lainnya terletak di ujung timur. Tepatnya di Shanhaiguan. Shanhaiguan sering dijuluki sebagai Old Dragon’s Head. Tempat ini diberi nama demikian karena ujung Tembok Besar China memang menyerupai naga panjang yang kepalanya terbenam di laut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terdapat 2 menara

Di ujung tembok tersebut, pengunjung bisa melihat langsung panorama laut lepas dan naik ke menara pemantau serta sebuah kuil di atasnya. Tempat ini dibagi menjadi tujuh bagian, tapi yang menjadi tempat favorit wisatawan hanya dua yaitu Changtai Tower dan Nereus Temple.

Changtai Tower merupakan bangunan dua lantai dengan pondasi kayu dan bata yang berfungsi sebagai menara pemantau. Sedangkan Nereus Temple terkenal karena pernah didatangi para kaisar di masa Dinasti Qing.

 

3 dari 3 halaman

Pernah hancur lebur

Meski tempat ini terkenal, ternyata tak sepenuhnya Shanhaiguan merupakan bangunan asli. Sebab, pada saat China berperang melawan Jepang, Jepang pernah memborbardir tempat tersebut sampai hancur. Shanhaiguan sekarang adalah upaya pemerintah China untuk membuat replika dari bangunan aslinya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.