Sukses

Negara-negara dengan Angka Pembunuhan Tertinggi di Dunia

Negara-negara ini memiliki harapan hidup yang rendah karena tingginya angka pembunuhan. Di mana saja?

Citizen6, Jakarta Zaman yang semakin maju tak berarti membuat semua orang hidup layak. Prinsip kapitalisme membuat kesenjangan antara si kaya dengan si miskin makin lebar. Di beberapa tempat, orang-orang mesti mempertahankan nyawa hanya untuk mendapatkan makanan.

Kemiskinan membuat orang-orang melakukan segala cara untuk dapat bertahan hidup. Termasuk membunuh. Tak heran, negara berkembanglah yang biasanya tingkat pembunuhannya paling tinggi. Lalu, apa saja negara-negara yang memiliki angka pembunuhan yang tinggi? Berikut dilansir dari list25.com

1. Honduras

Berdasarkan data dari PBB, Honduras merupakan negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi di dunia. Di negara yang menjadi rumah bagi 8,25 juta orang ini, rata-rata kasus pembunuhannya adalah 90,4:100.000. Dengan kata lain, di Honduras ribuan orang terbunuh tiap tahunnya. Padahal Honduras sendiri merupakan salah satu tujuan wisata populer. Sayang, wisatawan sering menjadi sasaran bagi korban kejahatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Venezuela

Negara yang terletak di pantai utara Amerika Selatan ini selain dikenal sebagai salah satu eksportir minyak di dunia, jua menjadi negara dengan tingkat pembunuhan yang tinggi. Tahun lalu, hanya 19% dari penduduk setempat yang merasa aman saat harus berjalan sendirian di malam hari. Tingkat pembunuhan di negara ini adalah 53,7%.

3. Belize

Belize adalah salah satu negara paling padat penduduknya di Amerika Tengah. Negara yang tak begitu luas ini dihuni oleh 340.000 orang. Meski memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Belize masih jauh dari tempat aman untuk ditinggali. Tingkat pembunuhan di negara ini adalah 45:100.000. Hal tersebut  membuat Belize menjadi salah satu negara paling berbahaya di dunia.

4. El Savador

Negara ini menjadi rumah bagi sekitar 6,3 juta orang. Tingkat pembunuhan di negara ini sangat tinggi dan dipengaruhi oleh perang antar geng. Pada tahun 2004 misalnya, sebanyak 60% dari pembunuhan yang terjadi di Salvador dilakukan oleh geng lokal yang saling berebut kekuasaan dan wilayah.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Guatemala

Negara ini menjadi negara dengan tingkat pembunuhan paling tinggi nomor lima di dunia. 100 pembunuhan terjadi tiap bulannya. Pada tahun 1990-an misalnya, kota Escuintla memiliki tingkat pembunuhan 165:100.000 orang.

6. Jamaica

Negara ini memiliki angka pembunuhan 39,3%. Selama bertahun-tahun, negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. pembunuhan dan kejahatan sering terjadi di kota-kota besar seperti di Kingston.

7. Lesotho

Lesotho adalah negara kecil di benua Afrika. Meski tak begitu luas, negara ini memiliki tingkat pembunuhan yang tak terkendali. Hampir setengah penduduk hidup di bawah garis kemiskinan yang membuat mereka kerap melakukan pembunuhan untuk bertahan hidup. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.