Sukses

Ini Tempat-tempat di Mall yang Paling Banyak Kumannya

Siapa bilang mall mewah bersih dari kuman? Kenyataannya banyak tempat di mall yang menjadi sarang kuman. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Mall merupakan tempat yang paling banyak orang di akhir pekan. Tak heran, mall mempunyai banyak fasilitas seperti tempat makan, tempat bermain, dan berbagai toko. Namun tahukah Anda, mall pun menyimpan banyak kuman penyakit. Berikut tempat-tempat di mall yang paling banyak kumannya dilansir dari CNNHealth.com

1. Toilet

 Sudah pasti toilet menjadi daerah paling kotor di mall, khususnya di wastafel. Bakteri seperti E. coli banyak menumpuk di bagian keran karena orang-orang menyentuhnya setelah menggunakan toilet. Dispenser tempat sabun pun tak lepas dari kuman. Tim mikrobiologi lingkungan  Universitas Arizona pernah menguji dispenser sabun cair isi ulang di kamar mandi umum. Mereka menemukan satu dari empat dispenser sabun mengandung bakteri dalam taraf yang tidak aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Pegangan ekskalator

Masih tim yang sama, mereka menemukan bahwa di pegangan ekskalator ditemukan sisa makanan, E. coli, urin, lendir, kotoran, dan darah. Di mana ada lendir, virus pilek dan flu juga dapat ditemukan. Seseorang yang batuk pun biasa menyentuhkan pegangan tangan setelah batuk.

3. Tombol ATM

Peneliti di Cina yang mengetes 38 ATM di pusat kota Taipei menemukan bahwa masing-masing tombol mengandung tak kurang dari 1.200 kuman dan bakteri penyakit. Yang paling banyak mengandung  kuman adalah tombol 'Enter' karena semua orang harus menyentuhnya.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Kamar ganti atau kamar pas

Setelah seseorang mencoba pakaian, sel-sel kulit mati dan keringat dapat menumpuk di dalam kamar pas. Seseorang dapat dihinggapi bakteri hanya dengan mencoba pakaian. Karenanya, selalu gunakan pakaian dalam ketika mencoba pakaian yang menyentuh kelamin. Tutuplah luka sebelum mencoba pakaian. Luka yang terbuka dapat menjadi pintu masuk bagi kuman penyakit saat mencoba pakaian.

5. Meja tempat makan

Saat melihat meja makan yang telah dilap, bukan berarti meja tersebut sudah  bersih. Kain pembersih meja dapat menyebarkan bakteri berbahaya jika tidak dicuci secara teratur. Siapkan selalu tisu desinfektan untuk mengelap meja sebelum digunakan.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

 

6. Toko gadget

Saat sedang mengetes sebuah ponsel pintar, kumar dari ribuan orang yang telah mencoba sebelumnya dapat hinggap di tangan. Meski toko selalu membersihkan barang jualannya, namun bukan berarti benar-benar bebas dari kuman penyakit. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology bahkan menemukan bahwa virus mudah menyebar pada permukan kaca seperti layar tablet dan ponsel dari ujung jari.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

7. Toko mainan

Toko mainan pun tak lepas dari intaian kuman penyakit. Toko mainan sebenarnya lebih penuh kuman dibanding area bermain, komidi putar, dan zona ramah anak. Hal ini dikarenakan anak-anak menjilati mainan, meletakkan mainan di kepala, dan menggosokkannya di wajah. Barang-barang yang tidak jadi dibeli dikembalikan ke rak dan anak-anak lain akan menyentuhnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini