Sukses

7 Pulau di Indonesia yang Dulunya Terkaya di Dunia

Pulau-pulau di Indonesia ini dulunya pulau paling kaya di dunia. Pulau apa saja?

Citizen6, Jakarta Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kurang lebih 13.000 pulau. Selain sebagai negara dengan banyak pulau, Indonesia juga terkenal dengan banyaknya kebudayaan yang dimiliki, suku, dan juga agama yang beragam. Walaupun terdiri dari beberapa suku dan agama, negara Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi di antara warga negaranya. Selain itu, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah. 
 
Namun, sekarang telah banyak kekayaan alam Indonesia yang mulai habis sedikit demi sedikit. Tahukah Anda, dahulu Indonesia ternyata menyimpan kekayaan melimpah pada setiap pulaunya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa peninggalan-peninggalan atau sumber-sumber kuno yang ditemukan para ahli sejarah. Berikut ketujuh pulau di Indonesia beserta dengan kekayaan alamnya yang dahulunya sangat melimpah.
 
1. Sumatera
 
Sumatera dahulunya merupakan pulau emas. Hal tersebut terbukti pada tulisan di sebuah prasasti yang menyebutkan pulau Sumatera dalam bahasa sansekerta sebagai Suwarnadwipa yang berarti pulau emas atau Suwarnabhumi yang berarti tanah emas. Nama-nama tersebut dulunya dipakai dalam naskah India kuno. Sumatera juga dikenal dengan sebutan pulau Andalas.
 
Namun, banyaknya aktivitas penambangan liar membuat banyak jenis mineral yang dikandung di pulau ini mulai semakin menipis. Bahan mineral yang mulai menipis tersebut seperti emas, batu bara dan timah hitam.
 
Ingin tahu pulau apa lagi di Indonesia yang dulunya pulau terkaya di dunia? Baca langsung di sini
 
Pengirim:

Rislyon Ripi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.