Sukses

4 Komunitas Bagi Si Kutu Buku

Membaca buku merupakan kegiatan yang mampu mengedukasi dan menghibur pembacanya.

Citizen6, Jakarta Membaca buku merupakan kegiatan yang mampu mengedukasi dan menghibur pembacanya. Namun buku hanya dapat dinikmati oleh pembaca itu sendiri. Bukan bearti isi buku tidak bisa kita nikmati bersama dengan pembaca lainnya. Komunitas pembaca buku memungkinkan kita untuk saling bertukar pikiran mengenai buku favorit kita. Berikut 4 komunitas pembaca di jejaring sosial goodreads:

1.    Goodreads Indonesia

Komunitas ini digagas oleh Femmy Syahrani pada tahun 2007. Goodreads Indonesia ditujukan untuk pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku tersebut. Visi dan misi dari komunitas ini yaitu berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia.
Saat ini anggota Goodreads Indonesia mencapai 14.232 dengan delapan moderator. Hal-hal yang didiskusikan di komunitas ini tidak hanya mengenai isi buku namun berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penggemar buku. Komunitas ini juga aktif mengadakan Klub Siaran GRI dan Kopi Darat dengan anggotanya.

2.    Indonesians Who Love English Books

Bagi penggemar buku berbahasa inggris, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan komunitas ini. Komunitas ini mengajak anggotanya untuk menemukan berbagai macam buku dan teman baru melalui kegemaran membaca buku. “Slip into your many different lives with us!” merupakan slogan dari komunitas ini.

3.    Komunitas Baca Buku

Senda Irawan pada tahun 2009 membentuk grup bagi pembaca buku di Indonesia yang bernama Komunitas Baca Buku (KBB). Komunitas ini menerima anggota baik dari sekedar pembaca buku hingga yang berminat untuk menjadi penulis.

4.    Kastil Fantasi

Bagi pembaca buku yang menggemari genre fantasi, komunitas ini menjadi wadah yang tepat untuk berbagi imajinasi setelah membaca buku. Komunitas ini memiliki anggota 1420 termasuk aktif dalam memperbarui buku-buku fantasi yang dibaca disertai dengan alasan-alasan yang menarik dalam pemilihan buku.
Tidak hanya membahas tentang buku fantasi, komunitas ini aktif mengadakan lomba cerita bulanan, lomba review, dan berbagai event. Kastil Fantasi juga membuka kesempatan bagi anggotanya yang ingin membagikan konsep,  tulisan atau karya, dan informasi penerbitan.

Komunitas-komunitas pembaca ini membuka kesempatan kita untuk menjadi pembaca yang aktif. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan hobi membaca kita sehingga mampu menciptakan sebuah karya.

Pengirim:

Nabila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini