Sukses

7 Spesies Serangga Terbesar di Dunia

Beberapa spesies serangga memiliki ukuran yang fantastis. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Tahukah Anda? Menurut teori evolusi, serangga telah hidup di bumi jauh sebelum mamalia memijak daratan. Pada saat itu, suhu bumi masih terlalu panas ditinggali mamalia yang menjadi cikal bakal manusia. Namun serangga mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga mampu hidup di daratan. Tak heran, jumlah spesies serangga sangat banyak di muka bumi. 

Nah, tahukah Anda? Meski mayoritas serangga memang berukuran kecil, ada beberapa serangga yang memiliki bentuk raksasa. Apa saja?

1. Giant Burrowing Cockroach

Disebut juga kecoa badak. Serangaa ini merupakan kecoa terberat di dunia. Beberapa orang mengatakan kecoa ini dapat dijadikan binatang peliharaan. Kecoa badak banyak ditemukan di Australia. Mereka dapat hidup selama 10 tahun dan tumbuh hingga melebihi 3 inchi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Tarantula Hawk

Namanya sesuai kebiasaannya. Tawon yang satu ini merupakan tawon yang sangat besar dan ganas. Mereka bahkan mampu memakan tarantula. Di kaki mereka terdapat kait yang digunakan untuk mendapatkan korban. Penyengat mereka panjangnya melebihi sengat tawon biasa dan disebut-sebut sebagai salah satu sengat paling menyakitkan di dunia. Untungnya tawon ini tidak terlalu agresif kecuali kalau diganggu. 

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Atlas Moth

Banyak ditemukan di wilayah Asia. Ngengat yang satu ini saking besarnya sampai tampak seperti burung. Kepompong mereka yang besar dijual sebagai dompet suvenir di Taiwan. Luas total sayap mereka dapat mencapai 60 inci persegi dan lebarnya setidaknya 1 kaki. Saat berupa ulat, tebalnya dapat lebih dari satu inci.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Goliath Beetle

Kumbang Goliath dinamai sesuai ukurannya yang besar. Serangga ini berasal dari Afrika. Kumbang Goliath jantan dapat tumbuh lebih dari 4 incii dengan berat 100 gram athap larva. Meski mereka merupakan vegetarian di alam bebas, mereka sering makan makanan anjing dan kucing. 

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

5. Giant Stick Insect

Serangga ini mampu menyembunyikan diri dari pemangsa di antara cabang, ranting, dan dedaunan karena bentuknya yang menyerupai ranting. Jenisnya yang hidup di Asia Tenggara merupakan yang terpanjang, dapat tumbuh hingga 2 kaki. Beberapa spesies dapat menghasilkan zat semprot berbau menyengat. Tapi lebih banyak yang tidak berbahaya dan biasa dipelihara oleh orang-orang.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Titan Beetle

Serangga raksasa ini memiliki rahang yang dapat mematahkan pensil. Bahkan pernah dilaporkan kumbang ini merobek daging manusia dengan rahangnya. Kumbang ini mengeluarkan suara mendesis keras saat terancam. Kumbang ini banyak ditemukan di hutan Amazon. 

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

7. Giant Weta

Serangga ini banyak terdapat di Selandia Baru. Bentuk yang terbesar beratnya dapat mencapai lebih dari 70 gram. Mereka dapat berbobot lebih dari burung gereja dengan ukuran tubuh sepanjang 4 inci, tidak termasuk kaki dan antena.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini