Sukses

Asyiknya Menerbangkan Drone bersama Komunitas

Namun apakah Anda tahu sekarang ada istilah Dronie yang merujuk pada selfie menggunakan Drone.

Citizen6, Jakarta Selfie menggunakan tongsis sudah menjadi hal yang biasa di masyarakat. Namun apakah Anda tahu sekarang ada istilah Dronie yang merujuk pada selfie menggunakan Drone. Di Indonesia, 70% pengguna Drone memanfaatkannya untuk fotografi dan videografi.

Jadi apa sih sebenarnya Drone? Drone merupakan pesawat tanpa awak dengan kendali jarak jauh oleh pilot. Salah satu pilot Drone yang aktif di komunitas adalah Awi Wicaksono. Pertama kali Awi menerbangkan Drone pada tahun 2013.

Kiat-kiat bagi pemula yang ingin menerbangkan Drone menurut Awi yaitu membaca buku manual, pelajari Do & Don'ts-nya, pelajari tutorial di Youtube dan sering berlatih di lapangan terbuka.

Kegemaran Awi terhadap Drone membuatnya aktif menjadi admin di dua komunitas Drone. Semakin berkembangnya Drone di Indonesia mendorong Awi untuk membuat komunitas yang mewadahi semua pengguna Drone apapun tipe dan mereknya. Lalu 12 Februari 2015 komunitas Drone Indonesia resmi berbadan hukum dan berubah menjadi Asosiasi Pilot Drone Indonesia.

Untuk keamanan, maka komunitas ini sering berkumpul di lapangan terbuka seperti di Buperta Cibubur, Kampus UI Depok, dan Sentul City. “Kita sering kumpul-kumpul bareng, terbang bareng, sharing masalah teknis spare part dan lain-lain,” ungkap Awi. Tidak sekedar berkumpul, pada awal 2015 komunitas ini dipercaya untuk mendampingi liputan tiga menteri ke Taman Wisata Mandeh, Sumatera Barat.

Tidak hanya kepuasan untuk menerbangkan drone, Awi menyatakan bahwa dengan drone orang bisa berkreasi, berkarya lewat foto dan video serta menguak tempat-tempat di Indonesia yang belum pernah dicapai dengan kamera manapun.

Saat ini Komunitas Drone Indonesia sedang giat membahas Sertifikasi Pilot Drone. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya fly away, crash, dan terbakar jika drone dikendalikan oleh orang yang belum memiliki kemampuan yang cukup untuk menerbangkan drone.

Twitter : id_drone
Instagram : drone_id
YouTube : Komunitas Drone Indonesia

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini