Sukses

Cara Sederhana Berpartisipasi di Hari Meteorologi Sedunia

Perubahan iklim disebabkan oleh banyaknya gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil – terutama batubara, minyak, dan gas alam – yang

Citizen6, Jakarta Pada 23 Maret dikenal sebagai Hari Meteorologi Sedunia. Tahun ini World Meteorological Organization membuat halaman khusus di websitenya yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai iklim sehingga muncul aksi-aksi untuk memperlambat perubahan iklim.

Dilansir dari wmo.int, bukti ilmiah menunjukkan bahwa perubahan iklim disebabkan oleh banyaknya gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil – terutama batubara, minyak, dan gas alam – yang diperparah oleh kerusakan hutan tropis pada atmosfer.

Mungkin Anda merasa jejak Karbon Anda tidak signifikan dibandingkan dengan emisi dari industri atau ekstraksi minyak dan gas. Sebenarnya pilihan yang kita buat dalam sehari-hari seperti apa yang kita makan dan bagaimana kita hidup dapat berkontribusi untuk memperlambat perubahan iklim.

Masing-masing dari kita dapat mengadopsi gaya hidup yang lebih bertanggung jawab: mulailah dari hal-hal kecil sehari-hari seperti:

1. Saat berpergian utamakan melakukannya dengan berjalan, menggunakan sepeda, atau menggunakan transportasi umum daripada mengendarai kendaraan pribadi.
2. Jika Anda harus berkendara gunakan mobil yang lebih efisien bahan bakar.
3. Cobalah untuk membatasi perjalanan udara.
4. Hemat energi dengan mengurangi penggunaan AC, mematikan lampu dan komputer yang tidak digunakan, dan menghemat penggunaan air.
Jadi, tidak sulit kan untuk memulai berpartisipasi?

Penulis:
Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.