Sukses

Wow, Lensa Kontak Ini Dilengkapi dengan Teleskop

Percayakah Anda, kini lensa kontak dilengkapi teleskop?

Citizen6, Jakarta Para ilmuwan saat ini sedang mengembangkan sebuah lensa kontak teleskopik untuk memperbesar penglihatan manusia. Kelak, lensa kontak teleskopik ini dapat membantu seseorang yang mengidap penyakit Degenerasi Macular Terkait Usia/Age-Related Macular Degeneration (AMD) akibat glaukoma. Glaukoma merupakan penyebab kebutaan progresif yang disebabkan oleh kerusakan saraf mata optik.

Dilansir dari CNN.com, Senin (30/03/2015),  Lensa pintar tersebut akan menggunakan pengukur regangan dan sensor tertanam di dalam sebuah chip yang terletak di lensa untuk mengukur perubahan volume cairan dalam mata sebagai pengganti pengukuran tekanan. Saat dipasangkan di mata, pemakainya dapat mengedipkan mata kanan mereka untuk memperbesar penglihatan, sementara sebelah kiri untuk mengembalikan penglihatan kembali ke normal.

Perusahaan bioteknologi Swiss Sensimed adalah perusahaan pertama yang menggunakan teknologi lensa pintar ini. Kelak, lensa pintar ini dapat digunakan untuk memantau perkembangan glaukoma.

Terdapat penerima data nirkabel yang dikenakan di leher dan dapat dirancang untuk memantau mata selama 24 jam. Diharapkan teknologi ini dapat mengetahui diagnosis awal dari glaukoma sehingga penanganan terhadap penderita glaukoma dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Menarik, bukan? Kelak dengan lensa kontak ini kita bisa melihat sesuatu yang jauh tanpa perlu bantuan teleskop.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini