Sukses

Hobi Menulis, Gabunglah di 3 Komunitas yang Seru Ini

Ada banyak komunitas menulis yang ada di Indonesia. Dengan bergabung menjadi salah satu membernya, banyak ilmu yang bisa didapatkan

Citizen6, Jakarta Menulis sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari. Tapi jika kita ingin menekuni dunia menulis, tentu kita harus giat dan tekun untuk belajar. Terdapat berbagai macam cara, mulai dari menulis secara rutin, membaca buku, dan meminta orang untuk mengomentari hasil tulisan kita.

Kritik membangun dari orang sebenarnya sangat baik bagi calon penulis. Dengan kritik, kita jadi tahu letak kesalahan dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Namun, jika kita meminta kritik dari orang terdekat, terkadang mereka tidak memberikan kritik secara gamblang. Maka tidak ada salahnya Anda bergabung dengan komunitas yang bisa membantu Anda untuk menjadi penulis yang lebih baik.

Berikut empat komunitas yang bisa Anda ikuti:

1. Komunitas Penulis Kreatif

Komunitas yang disingkat dengan nama KPKers merupakan komunitas yang bermaksud menghimpun calon penulis dan penulis professional di Indonesia. Komunitas yang berpusat di Bandung ini, memiliki cabang di Hong Kong, Taiwan, dan Surabaya. Ada enam kategori karya yang diterima komunitas ini, yaitu fiksi, nonfiksi, inspirasi dan motivasi, berita, foto atau gambar, dan multimedia. Selain itu Anda juga bisa mengirimkan informasi buku karya Anda yang akan dipajang di blog komunitas.

2. Forum Aktif Menulis FAM

Indonesia merupakan komunitas yang dibentuk oleh dua penulis muda, Muhammad Subhan dan Aliya Nurlela. Dengan tekad membina anak bangsa untuk cinta menulis dan gemar membaca, maka komunitas ini berbasis di sekolah-sekolah dan melebur di tengah masyarakat. Tim FAM Indonesia medukung anggotnya untuk terus belajar menulis melalui ulasan karya yang berupa cerpen, novel, artikel, dan puisi.

3. Rumpun Nektar

Komunitas ini ditujukan bagi penulis fiksi sastra Indonesia. Nektarity, sebutan anggota komunitas ini, yang berasal dari berbagai profesi dan berbagai penjuru berkumpul dan belajar bersama demi kualitas karya. Untuk mencapai visi mencetak penulis-penulis muda untuk kemajuan dunia literasi Indonesia, maka komunitas ini memberikan pelatihan dan kompetisi.

Tidak hanya itu, Komunita ini juga memberikan berbagai tips dalam penulisan dan memberikan informasi- informasi lomba. Komunitas-komunitas menulis ini bisa dijadikan tempat bagi kita untuk belajar dan mendapatkan kritik membangun. Selain itu, kita bisa juga belajar untuk menilai dan menghargai hasil karya orang lain.

Penulis:

Nabila R

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini