Sukses

Saat Batas Dunia Nyata dan Maya Melebur dalam Tari Simulakra

Dalam pertunjukan ini, penonton akan susah membedakan kenyataan dan maya. Teknologi skype membuat hal tersebut dapat terwujud.

Citizen6, Yogyakarta Dewasa ini, batas antara dunia nyata dan maya semakin kabur. Bahkan bisa dibilang tak lagi ada. Dalam kehidupan sehari-hari pun, teknologi telah menghapus jarak yang membentang saat komunikasi dilakukan. Anda kini dapat berkomunikasi dengan orang lain di lain pulau, bahkan di benua lain tanpa harus bertemu dengan orang tersebut.

Teknologi cyber space inilah yang coba diejawantahkan dalam bentuk seni pertunjukan Tari Realitas Simulakra oleh Miroto. Tari Simulakra merupakan seni pertunjukan yang mengaplikasikan sistem telepresensi video call dan teknik holografic pepper's ghost. Teknologi tersebut memungkinkan subjek-subjek yang berada di tempat berbeda dan berjauhan, untuk berada dalam satu lokasi yang sama secara tiga dimensi.

Ditemui di sela-sela latihannya di Studio Banjarmili, Sleman, Yogyakarta, Miroto mengungkapkan teknologi teleholografis ini baru pertama kalinya diaplikasikan di Indonesia. "Nantinya, penari-penari di Padang Panjang dan Bali akan ditampilkan secara langsung di Galeri Indonesia Kaya di Jakarta. Saya akan dibantu oleh Mbak Mila dan Mas Mugi di sini, Mbak Lora di Padang Panjang, dan Bli Adi di Bali," ungkap Miroto, Rabu (08/04/2015).

Tari Simulakra sendiri akan dibagi dalam beberapa segmen. Segmen pertama akan dilakonkan oleh Miroto sendiri bersama Mila Rosinta. Selanjutnya, barulah Mugiyono Kasido yang akan menari diiringi Lora dari Padang Panjang. Pada segmen terakhir, Mugiyono dan Mila akan menari ditimpali Adi dari Bali.

Selain berkolaborasi dengan penari-penari handal, Tari Simulakra juga akan didukung dengan musik dari Widi Grup yang berasal dari Yogyakarta, Nan Jombang Dance Company dan ISI dari Padang Panjang, serta Mugidance. Tarian ini didukung pula oleh Picture Style Cinema dari segi multimedia dan Studio Tari Banjarmili dari segi panggung holografis pepper's ghost itu sendiri. Masyarakat dapat menyaksikan pementasan Tari Simulakra tersebut di auditorium Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 18-19 april 2015.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini