Sukses

Kuliah Lapangan Unik Mahasiswa PR ASMI Stama

Memberikan kuliah bagi para mahasiswa tidak semata-mata dilakukan hanya di dalam ruangan.

Citizen6, Jakarta Memberikan kuliah bagi para mahasiswa tidak semata-mata dilakukan hanya di dalam ruangan. Banyak tempat sebenarnya yang dapat digunakan untuk belajar dan mempraktikan secara langsung mata kuliah tersebut sehingga  mahasiswa dapat dengan cepat mengerti dan mengetahui mata kuliah tersebut dan dapat mempraktekan dengan baik jika kelak telah terjun ke dunia kerja.

Hal inipun dilakukan oleh salah seorang dosen ASMI Santa Maria Yogyakarta, Drs. Bambang Darmadi, MM,  kepada para mahasiswa Public Relations semester empat dan enam ASMI Stama Yogyakarta pada Jumat (10/4). Dosen yang mengampuh mata kuliah Lobi dan Negosiasi juga Manajemen Strategi ini mengajak mahasiswanya untuk mengadakan kuliah lapangan di sebuah tempat usaha  yang sukses merebut pangsa pasar kuliner, yakni Sambel Layah yang beralamat di Jalan Godean km 8.8, Sidoarum, Yogyakarta.

Semua mahasiswa tampak begitu semangat mengikuti kuliah yang berjalan santai dan penuh keakraban.  Selain mendengar motivasi yang  di berikan oleh Bambang Darmadi dan juga Yulius Pribadi, salah satu dosen ASMI Santa Maria yang juga turut hadir, para mahasiswa bersama dosen menikmati makanan di rumah makan tersebut.

Dosen yang juga mengampuh mata kuliah Jurnalistik ini selalu mempunyai cara yang unik untuk memberikan kuliah kepada mahasiswanya. Bukan hanya kali ini dia mengadakan kuliah lapangan. Beberapa waktu lalu dia mengajak para mahasiswanya untuk melakukan kuliah lapangan Jurnalistik dan Manajemen Pemasaran di pasar Sekaten. Dia juga pernah mengadakan kuliah umum di tempat parkir kampus.

Kuliah lapangan kali ini diikuti lebih dari 30 mahasiswa Public Relations. Beberapa mahasiswa semester satupun turut dalam kuliah lapangan ini. Menurut Laura Jesicca salah satu mahasiswa PR semester empat, dengan kuliah lapangan seperti ini, mata kuliah yang diajarkan dapat dengan cepat dimengerti dan dipahami oleh mahasiswa karena mata kuliah tersebut dapat di praktekan secara langsung apalagi di dukung dengan suasana dan tempat  yang tidak membuat para mahasiswa merasa bosan.

Sebelum mengadakan kuliah lapangan di Sambel Layah, para mahasiswa sudah terlebih dahulu melobi tempat dan juga harga agar dapat melakukan kuliah di tempat tersebut. Sehingga ketika sampai di tempat tujuan, para mahasiswa langsung  disambut ramah oleh supervisor Sambel Layah, Helan Spariga dan marketing Sambel Layah, Enggar Dias yang merupakan salah satu mahasiswa PR semester empat.

Tujuan dari kuliah lapang ini adalah agar para mahasiswa mengerti bagaimana cara melobi dimana bagi seorang Public Relations, dasar dari lobi dan negosiasi  itu sendiri adalah Komunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

Kuliah lapangan ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. Para mahasiswa langsung kembali ke tempat masing-masing  dan diwajibkan untuk  membuat laporannya.

Penulis:

Mia Margaretha Holo/Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini