Sukses

4 Cara Mengatasi Keinginan Untuk Berselingkuh

Tentu tidak ada yang ingin dikhianati dan mengkhianati pasangan.

Citizen6, Jakarta Menjalin hubungan itu tidak mudah. Berbagai macam rintangan silih berganti menguji kekuatan dari hubungan. Anda dan pasangan pun memiliki tanggung jawab yang sama dalam mempertahankannya. Belum lagi rintangan yang berasal dari luar hubungan semisal kemunculan laki-laki atau perempuan lain yang dianggap lebih menarik dibanding pasangan.

Tentu tidak ada yang ingin dikhianati dan mengkhianati pasangan. Tapi keinginan untuk berselingkuh terkadang muncul tiba-tiba tanpa Anda sadari. Maka bagaimana cara mengatasinya?

1.    Menghindar

Layaknya orang yang suka belanja menghindari pusat perbelanjaan untuk mengurangi belanja, maka begitu juga dengan keinginan untuk berselingkuh. Ketika ada seseorang yang menarik perhatian atau seseorang yang memberikan perhatian lebih, segera hindarilah!
Ya kadang sulit menghindari orang yang berada di lingkungan kita, seperti rekan kerja, tetangga, atau teman. Tapi usahakan untuk menunjukkan bahwa Anda setia kepada pasangan. Juga jangan membohongi diri dengan pikiran “saya akan baik-baik saja dekat dengannya” ketika Anda tahu hal ini akan sulit dilakukan.

2.    Menghubungi Orang Terdekat

Dukungan dari orang terdekat dapat membantu kita untuk menghindari keinginan berselingkuh. Carilah orang yang Anda percaya bisa menjaga rahasia dan kemungkinan bisa memahami apa yang Anda rasakan saat ini.
Lalu setelah Anda menjelaskan kepadanya, minta tolonglah kepada orang tersebut untuk mendengarkan kemajuan Anda dalam menghindari keinginan untuk berselingkuh. Dengan keterbukaan ini, maka akan ada orang lain yang membantu Anda melewati masa-masa ini.

3.    Ingat Konsekuensi Kedepannya

Anggapan ‘selingkuh hanya sekali saja’ itu sangat gegabah dan tak bertanggung jawab. Jika mulai terbersit keinginan untuk selingkuh, langsunglah Anda bayangkan apa yang akan kedepannya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada hubungan Anda dengan pasangan. Juga anggapan negatif dari orang terhadap Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki anak, bayangkan apa yang akan terjadi kepada mereka.
Ketika Anda memahami konsekuensi dari suatu tindakan, maka Anda cenderung lebih berhati-hati bahkan menghindarinya. Jadi biasakanlah berpikir apa yang akan terjadi di masa depan agar Anda tidak menyesali keinginan semu ini untuk selamanya.

4. Terbuka Kepada Pasangan

Ini mungkin strategi yang paling sulit dalam menghilangkan keinginan untuk berselingkuh. Tapi hal ini merupakan cara yang paling sehat terhadap hubungan Anda dan pasangan. Tak mudah untuk mengakui keinginan berselingkuh kepada pasangan.
Jika Anda merasa kesulitan menahan godaan, lebih baik katakan kepada pasangan bahwa Anda memiliki keinginan untuk berselingkuh namun TIDAK akan melakukannya. Mungkin pasangan akan terluka, namun di satu sisi dia akan merasa keterbukaan Anda sebagai cara memperbaiki hubungan. Sehingga Anda dan pasangan pun bisa menemukan pemecahan masalah yang paling tepat.

Tentu dari empat cara tersebut, yang paling penting adalah usaha keras kita dalam menolak godaan. Sadarilah bahwa Anda dan pasangan memulai hubungan dengan niat baik. Maka jangan nodai hal tersebut dengan keinginan sesaat.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.