Sukses

Komunitas Lebah, Ajak Belajar Berbagi Bersama

Komunitas Lebah berfokus untuk menjadi wadah bagi orang-orang yang memiliki visi yang sama dalam kepedulian sosial,

Citizen6, Jakarta “Merasa sangat egois kalau hanya memikirkan diri sendiri, keluarga dan pekerjaan,” itulah yang menggerakkan Fitriana Damayanti Moestarika untuk mendirikan Komunitas Lebah bersama dua rekannya. Selain itu Fifi melihat masih banyak orang yang belum mendapatkan haknya untuk menjadi cerdas, bersih dan sehat.

Komunitas Lebah berfokus untuk menjadi wadah bagi orang-orang yang memiliki visi yang sama dalam kepedulian sosial, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Berangkat dari tekad itulah terbentuk kegiatan-kegiatan seperti Bazaar (BBQ), Qurban (BMQ), Cerdas Tanpa Batas, Edufasting, MCK& Sumber Air Bersih, Milad Lebah, Sehat Milik Semua, dan Peduli Bencana.

Dalam menyoroti pendidikan di Indonesia maka Cerdas Tanpa Batas membantu atau mendirikan rumah baca lokal. Biasanya komunitas ini membawa lebih dari 500 buku serta kebutuhan penunjang rumah baca. Beezers, sebutan relawan di komunitas lebah, mendukung kegiatan ini dengan memberikan keterampilan kepada anak-anak agar menjadi kreatif.

Kegiatan Edufasting juga termasuk unggulan dalam mencerdaskan anak bangsa. “Kegiatan pesantren kilat inovatif ini untuk anak-anak jalanan atau yatim. Untuk memberikan motivasi kepada mereka agar tidak menyerah pada keadaan, berani bermimpi dan terus belajar,” ungkap Fifi.

Sedangkan dalam bidang kesehatan, Komunitas Lebah memiliki kegiatan bernama Sehat Milik Semua. Komunitas ini mengunjungi desa yang jauh dari puskesmas dan kondisi ekonomi warga yang terbatas. Dalam kegiatan ini, komunitas mengajak serta tim dokter dan obat-obatan yang diperlukan. Warga akan diperiksa dan diberikan obat atau vitamin secara cuma-cuma.

25 April mendatang, komunitas ini akan mengadakan kegiatan sehat milik semua di Kecamatan Mekar Sari, Kabupaten Lebak, Banten. Saat ini komunitas masih membutuhkan dokter dan relawan non medis. Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari Beezers, langsung saja email ke komunitaslebah1@gmail.com, melalui fanpage facebook Komunitas Lebah. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi www.komunitaslebah.org.

Berbagi dengan sesama akan memberikan manfaatnya sendiri bagi kita. “Harus selalu bersyukur kepada Allah SWT dan bertambah yakin segala niat baik pasti akan dimudahkan-Nya. Serta dahsyatnya manfaat silaturahmi,” itulah yang dipetik Fifi selama aktif di komunitas Lebah.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini