Sukses

5 Aksi Ini Bantu Selamatkan Bumi Untuk Masa Depan

Hari ini kita merayakan Hari Bumi yang ke-45.

Citizen6, Jakarta Hari ini kita merayakan Hari Bumi yang ke-45. Dilansir dari earthday.org pada Rabu (22/4/15), tahun ini bisa menjadi tahun yang paling menarik dalam sejarah lingkungan. Hal ini disebabkan adanya kesadaran warga negara dan organisasi-organisasi yang berusaha mengganti bahan bakar fosil dengan energi yang dapat diperbarui.

Memang ini langkah yang sulit, tetapi yang dipertaruhkan adalah masa depan bumi dan kelangsungan kehidupan di bumi. Maka pada Hari Bumi diharapkan setiap individu tersadar untuk mengambil sikap bersama-sama dalam menyelamatkan bumi kita.

Sekarang giliran kita untuk menjadi contoh bagi orang sekitar dalam menyelamatkan bumi untuk masa depan. Ada beberapa aksi yang bisa kita lakukan, berikut ulasannya:

Mengurangi penggunaan energi

Hampir setengah dari emisi gas rumah kaca berasal dri energi yang kita gunakan untuk daya rumah atau mobil kita. Kurangilah penggunaan energi-energi tersebut di saat Anda tidak begitu membutuhkannya.

Matikan listrik yang tidak digunakan

Setiap tahunnya miliaran kilowatt listrik di rumah terbuang oleh peralatan yang tidak kita gunakan, namun perlahan-lahan mengkonsumsi listrik. Matikan alat elektronik yang tidak kia gunakan. Dengan melakukan hal ini tidak sekedar membantu bumi, Anda pun bisa lebih berhemat.

Hentikan penggunaan plastik sekali pakai

Lebih dari 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun sekarang. Jelas manusia kecanduan penggunaan plastik. Plastik merupakan masalah besar karena membutuhkan waktu untuk benar-benar hilang. Maka, hentikan penggunaan plastik agar tidak mencemari bumi kita.

Daur ulang limbah elektronik

Perkembangan teknologi berjalan dengan cepat. Maka kita pun tidak henti-hentinya mengikuti perkembangan tersebut sehingga kita menimbun limbah elektronik. Mulailah untuk mengumpulkan limbah elektronik tersebut dan bawalah ke fasilitas daur ulang untuk limbah elektronik agar limbah tersebut ditangani secara professional.

Mengurangi konsumsi daging

Industri daging menghasilkan hampir seperlima dari emisi gas rumah kaca di seluruh dunia. Maka dengan membatasi konsumsi daging Anda, Anda turut membantu membuat perbedaan untuk bumi.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

  **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.