Sukses

Buku-buku Terkecil di Dunia

Buku-buku ini memegang gelar sebagai buku-buku terkecil di dunia. Sekecil apa?

Citizen6, Jakarta Buku merupakan gudang informasi. Banyak orang yang mengoleksi buku-buku tertentu karena keantikan buku tersebut. Namun, banyak pula yang sengaja membuat buku-buku unik untuk memuaskan hatinya. Misalnya buku-buku terkecil di dunia. Anda bisa bayangkan bagaimana cara membacanya? Namun, buku-buku tersebut memang nyata. Inilah buku-buku terkecil di dunia tersebut.

1. Chekhov's Chameleon

Buku ini memiliki ketebalan 'hanya' 0,9 mm x 0,9 mm. Meski mempunyai 30 halaman dengan 3 gambar ilustrasi, buku yang terbit pada tahun 1996 ini hanya dicetak terbatas, yakni 100 kopi. Masing-masing sebanyak 50 kopi. Pembuatnya, Anatoly Ivanovich Konenko, memang seorang seniman pembuat buku-buku terkecil. Namanya bahkan masuk dalam Guiness World Record dalam kategori Creating The Worlds Smallest Book.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Shiki no Kusabana

Buku yang ini memiliki ketebalan 0,74 mm. Buku ini berisi ilustrasi tentang bunga-bunga yang tumbuh di Jepang berikut namaya. Buku setebal 22 halaman ini dijual sepaket dengan kaca pembesar. Buku ini juga masuk Guiness World Record dalam kategori Smallest Reproduction of a Printed Book.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Teeny Ted from Turnip Town

Dengan tebal 0,07 mm, buku yang ditulis oleh Malcom Douglas Chaplin ini diterbitkan pada tahun 2007. Pihak Nano Imaging Laboratory dari Simon Fraser University In Vancouver, Kanada lah yang membuat bukunya jadi sekecil ini. Saking kecilnya, buku ini masuk ke dalam Guinness World Records sebagai smallest printed book. Buku ini dijual secara eksklusif dan hanya dibuat 100 eksemplar saja. Namun akhirnya, Library Edition menerbitkan buku ini dengan ukuran normal pada Desember 2012.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Old King Cole

Buku yang merupakan koleksi U.S. Library of Congress ini mempunyai ketebalan hanya 0,01 mm x 1,01 mm. Tak heran, untuk membacanya dibutuhkan pinset.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Kobzar of Taras Shevchenko

Buku yang diterbitkan di Ukraina pada tahun 1840 ini memiliki ukuran 2,79 mm x 2,79 mm. Sampulnya berupa huruf A dengan latar belakang putih dan titik merah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.