Sukses

Gemar Membaca, Gabunglah di 5 Komunitas Buku Ini

Salah satu cara untuk merayakan Hari Buku adalah bergabung dengan komunitas.

Citizen6, Jakarta Salah satu cara untuk merayakan Hari Buku adalah bergabung dengan komunitas. Hal ini perlu dilakukan bagi Anda yang bingung memilih genre buku yang tepat atau memulai membaca buku apa.

Selain itu dengan dukungan teman-teman komunitas, Anda pun akan lebih semangat untuk mulai gemar membaca.  
Berikut 5 website komunitas buku yang patut Anda cek:

1.    Goodreads

Website yang diluncurkan sejak Januari 2007 ini telah memiliki lebih dari 30 juta anggota, 900 juta buku yang terdaftar, dan 34 juta ulasan buku. Otis Chandler pendiri dari Goodreads mendapatkan ide membuat website ini saat dia melihat-lihat rak buku temannya untuk bahan bacaan selanjutnya.
Dari situlah, Chandler tersadar betapa dia mengutamakan ulasan dari teman dibanding peringkat buku yang laku untuk memilih bacaan selanjutnya. Maka beberapa hal yang ditawarkan website ini yaitu melihat buku yang sedang dibaca teman, menyimpan data buku yang sedang dibaca, sudah dibaca dan akan dibaca, mendapatkan rekomendari bacaan selanjutnya dari ‘rak buku’ Goodreads, dan mengetahui apakah satu buku sesuai dengan selera kita melalui ulasan komunitas.

2.    LibraryThing

LibraryThing merupakan website online yang membantu orang dalam membuat katalog buku bagi si kutu buku. Selain itu LibraryThing mengkoneksi orang-orang yang memiliki selera buku yang sama dan memberikan sugesti buku apa yang selanjutnya bisa Anda baca.
Website yang  dibuat oleh Tim Spalding ini, membebaskan Anda membuat katalog mencapai 200 buku. Namun jika berminat mengkatalog buku lebih dari itu, maka Anda harus membayar $10 per tahun atau $25 untuk selamanya. Tidak hanya mengkatalog buku, website yang dideskripsikan “Facebook untuk Buku” ini memungkinkan Anda melihat ‘perpustakaan’ orang lain dan saling membagikan saran untuk buku yang selanjutnya di baca.

3.    Online Book Club

Buku yang bagus dan waktu untuk membaca memang kegiatan yang diidamkan oleh pecinta buku. Nah website ini membantu orang yang gemar membaca buku untuk berbagi ulasan dan rekomendasi buku.
Selain itu, Online Book Club unggul dalam diskusi interaksi dan mengumpulkan polling mengenai buku. Anda bisa menemukan berbagai macam informasi dan diskusi mengenai buku klasik hingga buku modern baik dalam rupa buku atau ebook. Di website ini Anda juga bisa membuat rak buku virtual untuk memudahkan Anda menyimpan dan membagikan buku apa saja yang pernah Anda baca.

4.    Nothing Binding

Anda termasuk pembaca yang tertarik menemukan penulis-penulis baru? Anda bisa bergabung ke Nothing Binding. Website ini dibuat untuk penulis independen dalam berbagai format, gaya penulisan, atau publikasi. Sehingga Nothing Binding dijadikan sarana yang tepat untuk mempromosikan buku tanpa biaya apapun.
Nah bagi pembaca, melalui website ini kita mendapatkan kesempatan untuk menemukan penulis berbakat yang baru meniti karir. Jerry D. Simmons, pendiri website ini, menyatakan bahwa bersama-sama kita (mencakup penulis, pembaca dan Nothing Binding) memutus rantai sistem penerbitan lama untuk menjadi penerbitan global independen.

5.    AuthorsDen

Menggemari penulis yang berasal dari kota atau negara berbeda membuat kita sebagai penggemarnya merasa jauh. Maka AuthorsDen berfokus membuat kembali hubungan tatap muka antara penulis dan pembaca.
Di website ini, penulis membuat, membagikan, berinteraksi dengan satu sama lain, dan menjual langsung karya mereka ke pembaca secara online. Jadi setiap pembaca akan merasa lebih dekat dengan penulisnya melalui bantuan website ini.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.