Sukses

Ingin Lebih Bahagia, Katakan Tidak Pada 4 Hal Ini

Hidup itu penuh dengan pilihan. Berbagai pilihan pun akan membawa kita ke pilihan-pilihan selanjutnya.

Citizen6, Jakarta Hidup itu penuh dengan pilihan. Berbagai pilihan pun akan membawa kita ke pilihan-pilihan selanjutnya. Kita tidak bisa menghindari persimpangan jalan dalam kehidupan, namun kita bisa mengantisipasi salah memilih jalan. Ya kita bisa mulai dengan tegas mengatakan tidak kepada pilihan yang Anda tahu akan merugikan Anda. Namun hal ini sulit dilakukan karena godaan akan pilihan yang seharusnya kita tolak cenderung lebih kuat.

Maka katakanlah tidak pada 4 hal ini untuk memilih pilihan yang mengarah pada kebahagiaan:

1.    Katakan Tidak untuk Kontrol – Katakan Ya untuk Kebebasan

Setiap manusia memiliki keinginan untuk bisa mengendalikan Segala sesuatu dalam kehidupannya. Mulai dari mengendalikan kehidupan sendiri hingga mengendalikan kehidupan orang lain. Hal ini memberikan kepuasaan sendiri dalam hidup kita karena kita merasa memiliki kekuasaan terhadap orang lain.

Namun seberapa besar sih kebahagiaan yang didapatkan dari mengendalikan keadaan di sekitar? Cobalah untuk menolak keinginan untuk mengendalikan segala sesuatunya. Karena bisa saja dengan Anda lebih membebaskan sesuatu berjalan dengan semestinya, Anda akan mendapatkan pengalaman baru. Selain itu Anda akan lebih bahagia karena tidak terus-terusan memikirkan cara mengendalikan diri sendiri dan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

2.    Katakan Tidak untuk Popularitas – Katakan Ya untuk Persahabatan

Semakin banyak orang yang berteman dengan kita di dunia nyata atau mengikuti kita di media sosial, maka kita akan merasa populer. Ya semakin banyak teman akan memudahkan Anda untuk mendapatkan akses ke hal-hal yang tak terduga. Namun jika Anda hanya menjadikan teman-teman sebagai bentuk popularitas maka Anda tidak akan bahagia.
Misalnya saja saat teman Anda memilih untuk meninggalkan Anda atau tidak berteman lagi di media sosial. Anda akan merasa sedih karena kekurangan ‘pengikut’ dan mengurangi popularitas Anda. Maka cara terbaiknya adalah berfokus membangun persahabatan dengan teman-teman. Kualitas dalam berteman lebih baik daripada kuantitas bukan?

3.    Katakan Tidak untuk Uang – Katakan Ya untuk Hasil yang Diraih

Tak dipungkiri untuk bertahan hidup kita membutuhkan uang. Namun jangan jadikan uang sebagai acuan akan kebahagiaan atau keberhasilan kita. Kita memiliki pola pikir bahwa kita akan lebih bahagia jika kita kaya raya. Berbagai cara tak lazim kita lakukan untuk meraihnya. Sehingga kita sering lupa akan keluarga di rumah atau orang di sekitar kita.
Terlalu berfokus pada pekerjaan dan melupakan keadaan sekitar membuat kita melepaskan kebahagiaan dengan sesama manusia. Ya Anda memang bisa membeli apapun di dunia namun mampukah Anda membeli kebahagiaan yang hanya didapatkan dari keluarga atau teman?

3 dari 3 halaman

2

4.    Katakan Tidak untuk Rencana – Katakan Ya untuk Lakukan Sekarang

Membuat perencanaan ke depan itu memang bagus dan selalu disarankan oleh orang-orang. Ya dengan memiliki rencana seharusnya kita lebih siap dan termotivasi untuk melakukannya. Tapi kita sering melupakan rencana-rencana tersebut seiring dengan waktu dan kesibukkan kita.

Inilah saatnya kita mengurangi waktu untuk membuat rencana dan memulai untuk melakukannya. Jika Anda tipe orang yang selalu membutuhkan rencana dalam melakukan sesuatu, maka buatlah seringkas mungkin agar memudahkan Anda untuk benar-benar melakukannya. Daripada Anda memiliki beban atas rencana-rencana yang belum dilaksanakan, lebih baik Anda secara spontan melakukannya.

Mengatakan Tidak kepada sesuatu yang sudah melekat pada pikiran kita memang sulit. Tapi tidak ada salahnya kan untuk belajar melakukannya mulai dari sekarang.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.