Sukses

Kenali Tanda Persahabatan Anda Mulai Renggang

Persahabatan memang dianggap sebagai hubungan yang kuat.

Citizen6, Jakarta Kita sering mendengar istilah sahabat untuk selamanya? Ya, persahabatan memang dianggap sebagai hubungan yang kuat. Namun, selayaknya hubungan antar manusia, maka akan ada masa di mana hubungan merenggang. Bisa saja penyebabnya Anda dan sahabat terpisah lokasi, tidak lagi menghabiskan waktu bersama atau merasa tak memiliki kecocokan lagi.

Kita sering tidak menyadari tanda-tanda persahabatan kita mulai renggang. Maka waspadai 5 tanda ini agar persahabatan Anda bisa untuk selamanya:

1. Anda menjadi orang yang terakhir mengetahui kehidupan sahabat

Sudah tentu seorang sahabat menjadi orang yang paling pertama mengetahui perkembangan dari kehidupan kita. Saat kita mendapatkan berita bahagia atau pun berita sedih, kita akan langsung menghubungi sahabat kapan pun dan di mana pun.

Saat sahabat tidak pernah menceritakan kisah hidupnya kepada Anda. Kemungkinan hal ini terjadi karena sahabat merasa tidak senyaman dulu untuk membagikannya kepada Anda. Cobalah untuk introspeksi diri dan mengetahui penyebab dari hal ini. Agar Anda dan sahabat pun bisa berbagi cerita seperti sebelumnya.

2. Anda atau sahabat cepat merasa kesal akan tindakan satu sama lain

Sudah sewajarnya Anda dan sahabat saling memahami kebiasaan masing-masing. Kita pun lebih memaklumi tindakan-tindakan sahabat yang sering dianggap menyebalkan di mata orang lain.

Suatu ketika Anda menyadari bahwa setiap tindakan sahabat sangat menyebalkan. Sehingga Anda pun sering kesal dan menunjukkannya. Ketika perasaan kesal ini mulai muncul, cobalah untuk mencari tahu sumber rasa kesal yang dirasakan. Apakah benar berasal dari sahabat atau memang Anda yang menjadi terlalu sensitif.

3. Saling mengkritik secara berlebihan

Seorang sahabat adalah sosok yang selalu memberikan kita kritik membangun. Orang terdekat dalam hidup kita ini menjadi komentator utama dalam hidup kita. Sahabat berusaha menyadarkan kita akan hal-hal negatif yang secara tak sadar sering kita lakukan.

Namun, ketika kritik-kritik itu berubah menjadi kritik yang menjatuhkan maka Anda harus mempertanyakan hal ini. Kritik yang menjatuhkan hanya membuat kita semakin terpuruk. Jika terjadi hal ini, Anda dan sahabat harus saling berbicara dan terbuka akan pokok permasalahan dari kritik menjatuhkan yang terlontar.

4. Berkumpul bersama sahabat terasa tak menyenangkan

Di tengah kesibukan, pasti kita selalu menyediakan waktu untuk sekedar mengobrol atau berkumpul bersama sahabat. Saat-saat inilah yang sering kita tunggu karena sahabat dapat membuat hari kita lebih menyenangkan.

Tapi, ketika Anda atau sahabat mulai menghindari waktu untuk berkumpul bersama atau Anda mulai merasa bertemu sahabat sudah tak menyenangkan lagi. Cobalah untuk mengevaluasi penyebab dari perasaan tak menyenangkan ini. Apakah berasal dari diri masing-masing atau kegiatan bersama sahabat yang mulai membosankan?

5. Jarang atau tidak pernah kontak dengan sahabat

Inilah tanda yang paling terasa saat hubungan persahabatan Anda mulai merenggang. Anda atau sahabat seolah tak memiliki waktu untuk mengontak satu sama lain. Sehingga muncul ketidaknyamanan untuk menghubungi kembali saat sudah putus kontak.

Jika hal ini terjadi, cobalah untuk menjadi orang yang pertama untuk menghubungi kembali. Bisa saja alasan Anda atau sahabat tak saling menghubungi hanya karena permasalahan sepele.

Sebuah hubungan tidak akan berjalan jika kedua belah pihak tidak berusaha untuk memperbaiki masalah yang datang. Maka tidak ada salahnya jika Anda menjadi orang yang pertama kali berusaha memperbaiki persahabatan yang mulai merenggang.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini