Sukses

Cara Ampuh Hadapi Orang yang `Nyebelin`

Setiap harinya pasti kita menemui orang-orang yang membuat kita kesal dan marah.

Citizen6, Jakarta Setiap harinya pasti kita menemui orang-orang yang membuat kita kesal dan marah. Pasti Anda tahu orang-orang ini, mereka yang memotong antrean, mereka yang duduk seenaknya di kendaraan umum, mereka yang berbicara keras tentang hal menjengkelkan, mereka yang memainkan musik saat Anda ingin berkonsentrasi, atau mereka yang secara langsung mengganggu Anda.

Tindakan-tindakan tersebut tentu melanggar pandangan kita akan bagaimana seseorang seharusnya bertindak. Memang saat mengalami hal-hal ini, kita sering terpancing emosi. Tapi apakah setiap saat kita harus menanggapi hal tersebut dengan perasaan negatif? Maka lakukan 3 hal ini saat menghadapi orang-orang yang mengesalkan.

1.Ubah cara pandang kita

Saat kita sedang mengantre membeli makanan, tiba-tiba ada seseorang yang menyelak kita dengan alasan terburu-buru. Tentu saja hal ini menyulut rasa kesal kita. Bayangkan saja kita sudah lama mengantre, malah orang lain yang dapat duluan tanpa mengantre.

Sebagai orang yang ‘dewasa’ daripada kita memendam rasa kesal lebih baik langsung menguntarakannya. Dalam kasus di atas lebih baik katakan kepada orang yang menyelak antrean atau kepada penjual makanan untuk mendahulukan orang yang sudah lama mengantre.

Daripada kita terus-terusan berpikir betapa curangnya dunia kepada kita, mengapa tidak langsung memperbaiki kecurangan yang terjadi di depan mata bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

2. Abaikan dan jangan di masukkan ke hati

Ketika kita sedang mengendarai kendaraan dan ada orang yang ugal-ugalan di jalan, tentu kita merasa kesal. Orang yang ugal-ugalan tersebut selain mengganggu konsentrasi juga dikhawatirkan membahayakan orang lain.

Daripada Anda mengomel di dalam hati, lebih baik Anda hilangkan perasaan tersebut. Yang perlu diingat kita tidak bisa menentukan cara orang untuk memperlakukan kita. Begitu juga dengan kita, janganlah kita menjadi orang yang mengesalkan karena terpancing orang-orang tersebut.

Inilah kehidupan, orang lain sebenarnya tidak sadar apakah perbuatannya menyinggung dan mereka tidak khawatir akan perasaan Anda. Jadi daripada terus-terusan kesal, lebih baik lupakan saja orang-orang mengesalkan tersebut.

3 dari 3 halaman

2

3. Berempati akan sikap mereka

Trik kecil ini akan mengubah cara kita menyikapi orang mengesalkan. Katakanlah seseorang mengatakan sesuatu yang kasar kepada kita. Beraninya mereka. Apakah mereka tidak memiliki pertimbangan bagaimana perasaan kita? Tapi tentu saja, dalam reaksi ini kita juga tidak mempertimbangkan perasaan mereka.

Sekarang kita cobalah untuk berempati kepada orang tersebut. Bisa saja saat mereka melakukan hal tersebut, mereka sedang marah, takut, atau mengalami hari yang buruk. Mereka bisa saja bersikap kasar sebagai mekanisme mereka dalam menghadapi rasa takut. Dengan berempati seperti ini, maka kita akan terhindar dari rasa kesal akan tindakan orang tersebut.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.