Sukses

Ini Dia Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya

Citizen6, Jakarta Dewasa ini, teh hijau semakin populer dikonsumsi. Selain semakin banyak direkomendasikan oleh pakar-pakar kesehatan, banyak penelitian pun menunjukkan khasiat teh hijau. Lalu apa sebenarnya manfaat teh hijau bagi kesehatan?

1. Mencegah Pikun

Sebuah penelitian di Swiss menunjukkan, dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, akan membantu menstimulasi aktivitas sel otak. Selain itu, teh hijau juga dapat memblokir pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer yang menyerang kerja memori otak.

2. Mengontrol Gula Darah

Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, kadar gula dalam darah juga dapat dikontrol. Sebagaimana yang diketahui, gula darah yang tinggi memicu penyakit diabetes. Penelitian di Jepang juga membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian di Jepang menunjukkan dengan mengonsumsi teh hijau, tekanan darah dan kolestrol dapat dikendalikan. Kandungan theanine di dalam teh hijaulah rahasianya.

4. Membakar Lemak

Meski tidak dapat melangsingkan badan secara cepat, namun konsumsi teh hijau dapat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Berdasarkan penelitian di University of Thailand, kandungan theanine dalam teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya di bagian abdominal (perut).

5. Antioksidan

Kandungan bioactive dalam teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. Polyphenols dan flavonoids-nya berfungsi sebagai antioksidan. Sebagaimana yang diketahui, antioksidan dapat menangkal bakteri yang menyerang tubuh. Hal tersebut membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.