Sukses

Sheekh Kabab, Rasanya Bikin Lidah Bergoyang India

Tak hanya Turki. Negeri Abang Shah Rukh Khan, India juga memiliki kebab dengan cita rasa Lezat.

Liputan6.com, Jakarta Kabab India sangat berbeda dengan kebab Turkey yang biasa kita jumpai di tanah air. Kalau kebab turkey bentuknya kayak gunung kebalik. Trus diiris tipis tipis bagian luarnya. Kabab India bentuknya lonjong kayak sate Indonesia.Tapi teksturnya kayak kebab turkey yakni terbuat dari daging giling yang dicampur dengan bumbu rempah.

Jika Turkey menggawangi aneka variasi Kebab. India juga tak mau kalah. India memiliki berbagai variasi kebab. Baik vegetarian kabab atau daging. Sebut saja Sheekh Kabab, Bihari Kebab, Boti Kebab, Dora kabab, Galawat Kabab, Hariyali Kabab, Kakri Kabab, Galauti Kebab, Tangri Kebab, Kastoori Kebab, Dahi ke Kabab, Burra Kebab, Kalmi Kebab, Paneer Kebab, Reshmi Kebab, Shikanpur Kebab dan Shami Kebab.

Kebab yang paling banyak dijumpai di jalanan khususnya kawasan muslim India yakni Sheekh Kabab. Rasanya perpaduan antara masakan India dan timur tengah. Berbagai restoran menawarkan cita rasa berbeda. Ada yang terlalu kuat rempahnya ada yang mild.

Sheekh kabab terbuat dari daging giling. Bisa daging domba, ayam atau daging kerbau. Dicampur dengan masala yakni campuran dari berbagai macam rempah. Terkadang ditambahkan cacahan bawang Bombay atau cabe hijau. Kemudian dikepal kepal membalut bagian atas Sheekh. Nah, Sheekh ini sebutan tusuk besi almunium atau kayu untuk membuat kabab. Bentuknya kayak jeruji sepeda tapi lebih tebal. Sheekh ini menjaga agar daging tetepkeket  alias nggak rontok waktu dibakar.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Zulfa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.