Sukses

8 Tips Cegah Varises

Varises pun sebenarnya bisa dicegah. Berikut tips-tips pencegahannya

Citizen6, Jakarta Varises merupakan salah satu gangguan kesehatan yang ditandai oleh pembengkakan pembuluh darah vena disertai kerusakan katup. Diamana pembuluh vena mempunyai fungsi untuk mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup yang mengatur agar darah tidak mengalir ke arah sebaliknya. Varises biasanya terjadi pada bagian kaki. Dari segi estetika varises tentu sangat mengganggu penampilan terutama seorang wanita.

Pada pasien stadium awal, cara pengobatannya cukup dengan mengenakan medical stocking khusus varises. Sedangkan pada stadium lanjut dimana varises sudah akut maka bisa menyebabkan pembuluh darah terlihat menonjol tampak dari luar kulit. Jika sudah demikian tidak ada gunanya mengobati varises dengan cara suntik.

Perlu dilakukan pembedahan guna memotong pembuluh darah yang rusak jika sudah akut sehingga aliran darah bisa normal kembali. Atau bagi yang enggan dan takut bedah ada solusi lain yaitu dengan operasi laser. Operasi laser ini tanpa bedah sama sekali, menggunakan metode Endovenous Laser Treatment (EVLT).

Sebelum lanjut pada cara mencegahnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja faktor penyebab varises berikut ini:

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Ari Tunsa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini