Sukses

Tempat Ini Dijuluki `Perpustakaan Kesepian di Dunia`, Kenapa?

Memang tak bisa dipungkiri bahwa salah satu ruang publik yang terpenting bagi masyarakat yaitu perpustakaan.

Citizen6, Tiongkok Seperti kata pepatah "buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya". Namun, seakan terlupa kalau jendela tanpa rumah apa jadinya? Ya, maka dari itu perpustakaan adalah rumahnya.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa salah satu ruang publik yang terpenting bagi masyarakat yaitu perpustakaan karena menjadi tempat referensi paling dicari hingga kini, walaupun banyaknya bacaan yang bisa diakses melalui internet.

Tapi, ada yang unik dengan perpustakaan yang berada di provinsi Qinhuangdao, Hebei, Tiongkok. Pasalnya, perpustakaan ini sangat sepi pengunjung karena letaknya di pinggir pantai resort provinsi Qinhuangdao. Dilansir shanghaiist.com pada Jumat (15/5/2015), bahkan perpustakaan tersebut pun kini dijuluki sebagai "the world's loneliest library" atau "perpustakaan kesepian di dunia".

Perpustakaan yang berukuran 450 meter persegi ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Dong Gong. Disini Anda akan disuguhkan dengan suasana yang luar biasa sempurna karena para pengunjung tidak akan diganggu dengan suara riuh orang-orang maupun bising kendaraan.

Pengunjung yang datang akan menikmati pemandangan indah melalui dinding kaca yang menghadap ke laut, bahkan mereka bisa menemukan kedamaian dengan datang ke ruang meditasi.

"Kami belum secara resmi mengumumkan pembukaan perpustakaan ini secara umum, dan kami akan membiarkan semua orang penasaran bahwa tempat ini akan dibuka," ucap pengelola perpustakaan.


Dong pun memiliki visi dalam mendesain perpustakaan unik ini. "Orang-orang akan memiliki ruang untuk membaca buku dan membiarkan mereka untuk menikmati keindahan laut saat membaca," tuturnya.

Tempat yang wajib kita kunjungi bukan, bagaimana menurut Anda?

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini