Sukses

Katundu, Pantai Sepi Nan Alami di Sumba Timur

Sumba timur selain terkenal dengan tenun ikatnya yang memukau, pantai-pantainya pun sangat elok. Seperti apa?

Citizen6, Jakarta Pantai Katundu berada di desa Pramadita, dusun Katundu, Kecamatan Karera, kabupaten Sumba Timur. Akses menuju ke pantai ini memang sulit karena letaknya dari ibukota kabupaten Waingapu sekitar 159 km lebih dan jalannya kecil dan berbukit-bukit.

ff

Pantai ini terkenal karena ombaknya yang ganas. Namun pantai yang sejajar dengan pantai Waihungu yang disatukan dengan pegunungan ini menjadi jalur transportasi ke pulau-pulau di sekitarnya.

ff

Di pantai ini, tiap Jumat terdapat tradisi unik, orang-orang dari pulau-pulau sekitarnya berbondong-bondong ke tempat ini untuk menjual hasil lautnya, terutama dari pulau Salura.

ff

Tim geologi dari ekspedisi NKRI subkorwil 5 menemukan batu timah hitam yang sangat berlimpah di desa Pramadita dan mempunyai cadangan timah hitam sekitar 8 juta kubik. Spot untuk snorkeling bisa dilakukan di sini pada musim konda dimana air laut stabil tidak pasang dan tidak surut.

Fotografer : Mai Warman

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.