Sukses

Kisah 4 Wanita Cantik yang Pernah Berkuasa di Indonesia

Ada 4 wanita cantik yang pernah menguasai Indonesia. Bagaimana kisah mereka?

Citizen6, Jakarta Kita mengetahui bahwa pahlawan Indonesia yang memperjuangkan emansipasi wanita adalah RA. Kartini. Tapi tahukah Anda? Bahwa pada zaman dahulu, dimana Nusantara masih berbentuk kerajaan-kerajaan, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan sudah lebih dulu diajarkan.

Hal ini terlihat ketika raja yang berkuasa juga bisa juga diemban oleh seorang wanita. Dan tidak hanya di zaman dulu, zaman modern saat ini banyak juga para wanita yang menjadi pemimpin suatu wilayah. Penasaran siapa sajakah wanita yang pernah berkuasa di Nusantara? Ini dia Informasi selengkapnya.

1. Gayatri Rajapatni, Ibu Suri Majapahit

Mungkin tak banyak orang mengenal nama Gayatri Rajapatni, nama besarnya seolah kalah dengan penguasa Majapahit yang lainnya. Padahal perannya dalam membangun kejayaan Majapahit sangatlah besar. Mirisnya, saat orang Indonesia sendiri tidak peduli dengan sejarah, munculah Prof Dr. Early Drake, mantan Duta Besar Kanada di Indonesia yang mengungkap peran Gayatri di balik kejayaan Majapahit.

Gayatri adalah Ibu Suri Majapahit saat putrinya, Trubuwana, naik tahta, Wanita hebat yang menjadi istri ke- 4 Raden Wijaya sang pendiri Majapahit ini, lebih memilih menjadi Bhiksu ketika Jayanegara wafat daripada menduduki tahta Majapahit yang menjadi haknya. Ia berperan sebagia penasehat spiritual raja-raja majapahit hingga ajal menjemputnya.

2. Tribhuana Wijaya Tunggadewi, Ratu Kerajaan Majapahit

Seorang Ratu Majapahit ini tidak mewarisi kerajaan yang damai. Saat ia bertahta, kerajaannya terancam dengan adanya perang saudara yang memperebutkan kekuasaan. Tapi walaupun begitu, ia telah membuktikan bahwa dirinya tetap bisa mempertahankan keutuhan Majapahit. sama dengan sang ibu, Gayatri, ia juga berperan besar dalam membawa Kerajaan Majapahit menguasai hampir seluruh Nusantara.

Tahukah Anda bahwa Tribuwana punya kesamaan dengan Ratu Inggris, Elizabeth 1? Kesamaaan itu terletak pada kepiawaiannya memerintah kerajaan dan memilih pengikut setia. Pada masanyalah Gajah Mada yang menaklukan Nusantara di bawah panji Majapahit dijadikan sebagai penasehat utama kerajaan. Ratu Kerajaan Majapahit ini juga dikenal sebagai ratu yang berjaya di lautan, sama seperti Elizabeth 1.

3. Ratu Shima

Kisah yang paling terkenal mengenai Ratu Kerajaan Kalingga ini adalah kisah ketegasannya dalam menghukum orang yang bersalah di negerinya, meskipun itu adalah putranya sendiri. Berita tentang kejujuran rakyat Kalingga terdengar sampai ke kerajaan asing di sekitarnya. Maka, untuk mengujinya seorang raja asing sengaja menaruh kantong berisi emas di tengah-tengah kota, tapi tak sengaja malah sang putra mahkota yang menyentuhnya dengan kakinya.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Febri

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini