Sukses

Uniknya Guwahati, Sapi dan Kambing pun Ikut Memacetkan Jalan Raya

Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke-5 Wheel Story season 3.

Citizen6, India Day 54, KM : 9465, Guwahati - India

Suara klakson berderu setiap saat dari belakang, samping kiri kanan dan depan. Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke 5 Wheel Story season 3. Kami sudah memasuki provinsi Assam tepatnya di kota Guwahati India bagian Timur.

Sudah 5 hari kami berada di India setelah melewati Myanmar. Daerah pertama yang kami masuk adalah Manipur, selepas dari border kami menuju Imphal, ibu kota propinsi Manipur, daerah pegunungan yang hijau di dataran tinggi ini cukup membuat kami menggigil karena udara begitu dingin, sekitar 19 derajat celcius.

Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke 5 Wheel Story season 3.

Dalam perjalanan terlihat jelas tentara bersenjata dimana-mana bahkan kami harus berhenti beberapa kali di check point untuk melapor. Kultur baru, bahasa berbeda dan tentu dengan gaya yang berbeda pula kami rasakan sekarang, untunglah kebanyakan orang India bisa berbahasa Inggris.

Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke 5 Wheel Story season 3.

Makananpun beda, mulai dari kare, roti dan lainya saya juga masih bingung menghafal makanan khas disini. Namun kami tetap berhati-hati mengkonsumsi makanan dan minuman karena banyak terlihat kurang higienis.

Lanjut kami bergerak ke daerah Nagaland, kami menginap di kota Kohima yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.500 mdpl dan inilah New Zealand nya India, dingin, perbukitan hijau dan berkabut.

Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke 5 Wheel Story season 3.

Kalau malam datang dinginnya minta ampun. kondisi jalan menuju Kohima memang terbilang berat karena melewati lereng-lereng gunung yang basah dan jalan rusak kami tempuh selama 6 jam dari Imphal. Dan dari Kohima sekitar 380 Km kami tiba di ibu kota provinsi Assam, Guwahati.

Sapi dan kambing pun ikut meramaikan jalan raya. Inilah India negara ke 5 Wheel Story season 3.

Kota ini padat dan benar-benar bikin sakit kepala berkendara di padatnya lalu lintas kota. belum lagi sapi dan kambing ikut berbaur, lalu polusi dan bunyi klakson yang tak karuan, bau sampah dan becek dan jalanan rusak akhirnya menjadi kebiasaan yang kami hadapi sehari-hari setiap berkendara masuk kota.

Walau bagaimanapun keramahan warganya dan selalu membantu bukan hal baru disini. Kami sudah rasakan dihari pertama di India. Besok kami mulai bergerak ke arah Nepal namun akan singgah di kota wisata Darjeeling yang cantik dan sejuk.

Penulis:

Mario Iroth

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.