Sukses

Ini Cara-cara Alami Obati Kutu Air yang Mengganggu

Ada cara alami untuk mengobati kutu air yang menyerang. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Kutu air merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh infeksi jamur dan biasanya muncul pertama kali pada kaki, setelah itu bisa menyebar ke telapak tangan, pangkal dari paha dan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk mengatasi penyakit yang cukup merisihkan tersebut, Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara alami mengobati kutu air di bawah ini.

1. Bawang putih

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bawang putih memiliki kandungan ajoene, yang mampu menjadi antijamur alami dan agen antibakteri. Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan cengkeh, yang mana cengkeh di sini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan dari infeksi jamur. Sedangkan untuk penerapannya, Anda bisa menggunakan cara topikal, yaitu langsung meletakkan ramuan ke area yang terkena kutu air.

2. Cuka

Cuka memiliki sifat asam, yang mana mampu membantu melawan jamur sekaligus menurunkan tingkat basa pada kulit, sehingga mampu menghambat penyebaran infeksi. Selain itu, cuka juga dapat menghambat kelembapan, yang mana menjadi salah satu alasan berkembang pesatnya jamur. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup mudah, di mana Anda hanya perlu merendam area yang terkena mata kaki menggunakan baskom berisi air hangat bercuka dengan perbandingan 3 bagian air dengan 1 bagian cuka.

3. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik bernama acidophilus yang aktif. Bakteri ini mampu secara efektif memerangi infeksi jamur, termasuk pada kutu air. Anda bisa mengoleskan secara langsung yogurt ke area yang terkena kutu air. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat. Keringkan dengan cara ditepuk menggunakan handuk bersih. Lakukan cara tersebut selama dua kali sehari dalam beberapa minggu. Anda juga bisa menggunakannya secara oral, dimana yogurt dikonsumsi pada pagi dan malam hari.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini