Sukses

Dua Remaja Jenius Ini Ciptakan Pegangan Pintu Bebas Kuman

Banyak yang tidak menduga bahwa tempat paling banyak mengandung kuman adalah pegangan pintu.

Banyak yang menduga hanya toilet dan tempat sampah yang disukai kuman untuk bersarang. Padahal tempat-tempat seperti remote kontrol, dompet, ponsel dan pegangan pintu adalah tempat yang paling banyak mengandung kuman yang berpotesni menyebarkan penyakit.

Kuman menyebar melalui bersin atau jabat tangan dari orang yang terinfeksi ke orang-orang di sekitarnya.

Untuk mengurangi penyebaran kuman , dua remaja dari Hongkong berhasil menciptakan pegangan pintu canggih anti kuman.  Mereka adalah Sum Ming (“Simon”) Wong ( 17 th)  dan Kin Pong Li (18 th).

Konsep pembuatan pegangan pintu canggih anti kuman  ini cukup sederhana. Setiap kali pintu  dibuka, momen itu menciptakan kekuatan yang bisa membunuh kuman-kuman di pegangan pintu yang ditinggalkan oleh orang yang membukanya.

Penemuan ini telah diuji coba di laboratoriumnya. Dan system yang dia ciptakan terbukti berhasil membunuh kuman sampai 99,8 persen.

Murid sebuah Sekolah Menengah di Tuen Mun, Cina ini setelah melakukan beberapa penelitian menemukan bahwa mineral titanium dioksida yang bisa   membunuh kuman tersebut telah dipakai pada beberapa produk. Untuk membuat lapisan pegangan pintu,  mereka mengubah mineral tersebut menjadi bubuk yang sangat halus.

Titanium dioksida sangat efektif membunuh kuman saat diterangi oleh sinar ultra violet, kata Simon.  Seperti kita ketahui sinar ultra violet terdapat pada sinar matahari. Sehingga apapun peralatan yang ada di dalam rumah pada malam hari hanya memperoleh sinar ultraviolet yang sedikit.  Untuk memastikan pegangan pintu ciptaanya berfungsi baik, mereka melengkapinya dengan gelas silinder yang bening.

Seperti dilansir student.societyforscience.org kedua remaja ini mempresentasikan penelitiannya di Intel International Science and Engineering Fair. Event ini diselenggarakan oleh Society for Science and the Public. Acara tahunan ini memunculkan 1702 finalis yang berasal dari 70 negara.

Menurut kedua remaja ini, untuk membuat pegangan pintu ciptaanya itu, mereka hanya menghabiskan uang sekitar 13 dolar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.