Sukses

Rizman Adhi Siap Menjelajah Luar Angkasa Bersama NASA

Bagaimana rasanya menjelajah ke ruang angkasa?

Citizen6, Jakarta Bagaimana rasanya menjelajah ke ruang angkasa? Dalam waktu dekat ini, Rizman Adhi Nugraha akan segera merasakan sensasinya. Laki-laki yang berasal darai Belitung, tempat kelahiran Gubernur Basuki Tjahaya Purnama ini akan berangkat menjelajahi angkasa luar pada akhir Desember 2015 atau awal Januari 2016.

Bagaimana rasanya menjelajah ke ruang angkasa?

Melalui akun twitternya @Rizman_Tasha pada Minggu, (28/06/12015) embenarkan bahwa dirinya akan melakukan misi mendebarkan itu, terbang ke luar angkasa sejauh 103 kilometer dari bumi. Rizman, alumni SMAN 1 Tanjungpandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi satu-satunya astronot  Indonesia yang akan menjadi awak pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir, berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II.

Rizman juga 22 astronot dari berbagai negara tersebut berangkat keluar angkasa bersama NASA. Rizman yang programer ini akan menjadi co pilot pesawat ulang-alik ke luar angkasa selama 45-60 menit.

Bagaimana rasanya menjelajah ke ruang angkasa?

Meski perjalanan tersebut termasuk singkat, namun persiapannya tidak mudah. Rizman bisa menjadi salah satu astronot yang akan mejelajah ke luar angkasa karena dia memenangi sebuah kontes pada 2013 lalu. 

Untuk itu Rizman menjalani pelatihan di markas besar AASA di Kennedy Space Center, Florida.  Di tempat ini dia harus mengikuti latihan yang cukup berat. Selain fisik dan mental harus kuat, dalam latihan tersebut, semua calon astronot melakukan sebuah misi yang sangat mirip dengan misi yang harus dilakukan saat seleksi AASA Global Space Camp. Air Combat Mission, G Force Mission & Zero G Mission.

Saat latihan Adi menjadi co-pilot pesawat tempur yang melakukan gerakan akrobatik di udara. Namun dalam menjalani latihan dia tak pernah merasa takut, justru menyenangkan, katanya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini