Sukses

Selfie dengan Model PlayBoy di Ruang Kokpit, Pilot Ini Dipecat

Seorang model playboy dinilai membahayakan keselamatan penumpang karena berada di ruangan kokpit selama penerbangan.

Citizen6, Jakarta Dua pilot Argentina dipecat setelah membolehkan seorang model berada di ruang kokpit dan menerbangkan pesawat. Model tersebut diketahui bernama Victoria Xipolitakis, seorang model yang pernah berpose untuk majalah pria dewasa, Playboy.

Austral Líneas Aéreas, selaku persatuan penerbangan Argentina, mengeluarkan pernyataan bahwa Xipolitakis dilarang menggunakan maskapai tersebut selama lima tahun. Demikian sebagaimana dikutip dari Mashable, Rabu (01/07/2015).

Selain memecat pilot dan melarang sang model, Austral juga mengumumkan proses pidana yang akan dilakukan terhadap tiga orang tersebut. Pilot, kopilot, serta sang model didakwa telah mengancam keselamatan 36 penumpang yang turut berada dalam pesawat tersebut.

Berikut pernyataan Austral selengkapnya:


Sehubungan dengan peristiwa yang terjadi selama penerbangan Austral 2708 pada hari Senin tanggal 22 Juni, Aerolineas Argentinas dan Austral memutuskan bahwa pilot Patricio Zocchi Molina dan Federico Matias Soaje akan diberhentikan terkait tanggung jawab mereka dalam peristiwa tersebut. Sedangkan bagi penumpang terkait, tidak diperbolehkan menggunakan jasa penerbangan Aerolineas dan Austral selama lima tahun ke depan.

Xipolitakis menghabiskan sebagian besar waktunya pada penerbangan dari Buenos Aires ke Rosario, Argentina di dalam ruangan kokpit bersama pilot Zocchi dan kopilot Soaje. Ia mengambil enam video selama berada di dalam ruangan kokpit tersebut. Dalam salah satu video bahkan sang pilot menawarkan Xipolitakis untuk mencoba mengontrol pesawat saat take off.

"Kau yakin?" tanya Xipolitakis. "Tak akan terjadi apapun?"

Meski sang model telah meminta maaf melalui akun twitternya, ia dapat dituntut oleh penumpang lain karena telah membahayakan nyawa. Terkait dengan ulah pilot yang membiarkan kejadian tersebut, kelakuan mereka dinilai bertentangan dengan budaya keselamatan operasional maskapai terkait. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini