Sukses

7 Cara Unik Membangunkan Sahur di Indonesia

Indonesia dengan keragaman budayanya, juga memiliki tradisi unik membangukan sahur saat bulan Ramadhan tiba

Citizen6, Jakarta Tradisi membangunkan sahur saat ramadhan merupakan keunikan tersendiri di negera Indonesia. Tiap daerah berbeda pula tradisinya, ada yang menggunakan kesenian daerah sendiri, ada juga yang memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang. Inilah 7 cara bangunkan sahur unik di Indonesia.

1. Patrol Canmacanan di Situbondo Jawa Timur

Warga situbondo jawa timur memiliki kebiasaan unik setiap subuh saat membangunkan warganya. Mereka menggunakan kesenian khas Situbondo yaitu canmacanan. Kesenian ini terdiri dari sebuah replika harimau raksasa dan ondel ondel yang diiringi musik.

Patrol Canmacanan setiap tahun diadakan di kecamatan Kapongan, Situbondo, Jawa Timur. Patrol canmacanan akan berkeliling saat pukul 2 dinihari waktu setempat. Cara ini dinilai efektif membangunkan warga. Selain suaranya yang menarik, orang yang bangun akan bersemangat untuk menonton rombongan canmacanan yang sedang melewati rumahnya.

2. Musik Traktor Sawah

Tak kalah unik dengan warga Situbondo, sekelompok warga di Madiun juga menggunakan traktor pembajak sawah yang dilengkapi gerobak untuk membangunkan musik saat sahur. Orang yang menaiki gerobak sambil memainkan musik elekton. Di gerobak ini juga terdapat soundsystem agar suara musik dan penyanyi bisa terdengar sampai seluruh kampung.

Karena bermain musik sholawat di atas traktor, tradisi ini dinamakan music traktor sahur. Tradisi yang unik ini awalnya hasil karya kelompok remaja masjid di desa Ngelambangan, kecamataan Gumuh, Madiun, Jawa Timur. Karena caranya sangat menghibur warga, kebiasaan ini pun dilakukan setiap tahun.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.